11 Sekolah di Kecamatan Banua Lima Laksanakan AKM

  • Bagikan

Tamiang Layang – Ada 11 Sekolah yang berada diwilayah Kecamatan Banua Lima Kabupaten Barito Timur (Bartim) melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) jenjang Sekola Dasar (SD), pada hari Senin (15/11/2021).

“Asesmen Kompetensi Minimum
(AKM) merupakan salah satu instrumen Asesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) dan Instrumen AKM merupaka penilaian kompentensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat”.

Mutu pendidikan merupakan hasil dari proses belajar mengajar yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan kepada peserta didik yang meliputi literasi, numerasi dan nilai-nilai karakter.

Untuk menghimpun Informasi tersebut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tenologi meluncurkan tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter (SK) dan Survey Lingkungan Belajar (SLB).

Selain itu Asesmen Nasional (AN) bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid, hal ini berbeda dengan UN yang mengukur kemajuan individu siswa dan syarat digunakan sebagai syarat kelulusan pada jenjang pendidikan.

Dikatakan, Kepala UPT Dinas Pendidik Kecamatan Benua Lima  Astronot, S. Pd kepada beberapa awak media 11 Sekolah Dasar yang melaksanakan AN tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tiga sekolah melaksanakan secara mandiri di sekolahnya masing-masing dan delapan Sekolahnya lagi dilaksanakan menumpang di SMAN 1 Benua Lima dikarenakan terbatasnya fasilitas yang digunakan.

Astronot berharap perlaksanaan Asesmen Nasional dapat meningkatkan pemahaman siswa,guru dan warga sekolah  dalam proses belajar mengajar melalui pembelajaran literasi dan numerasi sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kecamatan Benua Lima, ucapnya.

Sementara, Pengawas Sekolah Kecamatan Benua Lima Yulianti, S. Pd, MM memaparkan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang 1 (satu) tanggal 15 sampai 16 November 2021 yang dilaksanakan kelompok 1 (satu), yakni SDN 1 Pasar Panas, SDN 2 Pasar Panas dan SDN Bamban dan gelombang 2 (dua) tanggal 17 sampai 18 Nobemver 2021 dilaksanalan kelompok 2 (dua) 8 (delapan) Sekolah menumpang pelaksanaannya di SMA Negeri 1 Benua Lima.

SIMAK JUGA :  Fadly Amran, Gebu Minang dan Pesan Eloborasi Ranah dan Rantau

Yulianti mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini sesuai tugas yang ditugaskan kepadanya oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng untuk memantau kegiatan tersebut agar pelaksanaan AN secara mandiri berjalan dengan lancar. Ia juga meminta kepada dinas terkait agar semua SD yang berada di Benua Lima dapat melaksanakan ANBK secara mandiri dilengkap perangkat/fasilitas laptop yang memadai,pungkasnya (Snn).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *