oleh

Pasien Covid -19 di Sumbar Sudah Mencapai 1.336 Orang

JASMAN RIJAL

PADANG, HARIANINDONESIA.ID – Pasien Covid -19 di Sumatra Barat masih terus bertambah. Laporan terkini, Sabtu (15/8), jumlah pasien positif bertambah 37 orang lagi, sehingga menjadikan total pasien positif sampai saat ini mencapai 1.336 orang.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar Jasman Rizal melaporkan, penambahan 37 pasien positif baru pada Sabtu (15/8) berasal dari 1.747 sample yang berasal dari Lab Fakultas Kedokteran UNAND 1.603 spesimen dan Lab Veterenir Baso Agam 144 spesimen.

“Penambahan 37 pasien positif tersebut berasal Kota Padang 27 orang,  Kota Bukittinggi 4 orang, Kabupaten Tanah Datar 4 orang dan Sawahlunto 2 orang,” ujar Jasman Rizal yang juga menjabat Kepala Dinas Kominfo Sumbar, seperti dikutip dari rilisnya, Sabtu (15/8).

Menurut Jasman ‘Mak Jaih’ Rizal, dari sample spesimen yang dikirimkan oleh penanggung jawab pemeriksanya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, ditemukan juga 18 pasien sembuh.

“Melihat trend pertambahan positif beberapa hari terakhir ini, sebahagian besar adalah bersifat Imported case. Local transmission ada, tetapi berawal dari imported case yang kemudian menyebar ke kontak terdekatnya (transmisi lokal),” jelasnya.

Berkaitan dengan itu,  Jasman mengingatkan siapapun juga yang memasuki sumbar, agar tetap melakukan test SWAB secara gratis. Baik melalui udara ataupun darat. Sebelum keluar hasil swabnya, sebaiknya isolasi mandiri dulu sementara waktu.

Terus Bertambah

Berdasarkan data Pusat Percepatan Penanganan Covid -19 Sumbar, jumlah pasien positif di Sumbar menunjukan trend meningkat, hal ini diperkirakan sebagai pergerakan gelombang kedua Covid -19 pasca pelonggaran penanganannya.

Dengan penambahan pasien positif 37 tadi maka sampai Sabtu (15/8) jumlah pasien positif sudah naik menjadi 1.336 orang.

Sebelumnya, Jumat (14/8), jumlah pasien positif juga bertambah sebanyak 42 orang sehingga total pasien positif pada Jumat itu mencapai 1.299 orang.

Sementara pasien yang sembuh bertambah 15 orang, sehingga total  pasien sembuh pada Jumat kemarin mencapai 869 orang. Sedangkan pasien meninggal pada hari yang sama bertambah 1 orang, sehingga total pasien meninggal menjadi 38 orang.

Masih berdasarkan data tersebut, sampai Jumat kemarin total spesimen yang sudah diperiksa sebanyak 86.843. Sementara jumlah orang yang diperiksa sebanyak 75.845 orang.

Jika dihitung jumlah pasien positif (Positivity Rate/ PR) dengan jumlah spesimen yang diperiksa maka rationya mencapai 1,71% atau masih relatif rendah dari ratio spesimen dan yang positif Covid -19.

(awe/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed