5 Pilihan Meditasi Daring, Tenang Sejenak dari Wabah Covid -19

  • Bagikan

Jakarta, Harianiindonesia.id ‐‐ Informasi mengenai Covid-19hadir tak kenal waktu, pagi hingga malam tak henti-henti. Wajar bila mendadak timbul rasa cemas berlebih dalam diri Anda.

Namun, perlu diingat, stres dan rasa cemas hanya akan menurunkan daya tahan tubuh Anda. Daripada pusing bergelut dengan kekhawatiran, lebih baik atasi rasa cemas Anda dengan meditasi. CNNIndonesia menuliskannya untuk kita.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa meditasi memiliki manfaat baik untuk kesehatan, utamanya kesehatan mental. 

Selain untuk menenangkan diri, meditasi juga bisa jadi aktivitas menarik di tengah kebosanan di rumah. 

Anda tak perlu keluar rumah untuk mengikuti kelas meditasi. Kini, beragam kelas meditasi daring bisa Anda ikuti dengan mudah.

1. Rumah Remedi
Rumah Remedi merupakan salah satu pusat wellbeing di Jakarta. Dalam setiap pekannya, Rumah Remedi menggelar berbagai kelas meditasi untuk menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa secara rutin.

Sejak pemerintah mengeluarkan imbauan untuk tetap berada di rumah, Rumah Remedi mulai menggelar kelas meditasi daring melalui aplikasi Zoom.

Ada beberapa kelas meditasi yang bisa Anda coba, seperti Meditasi Melepas Stres atau Wellbeing Wednesday. Jadwal akan diunggah di akun Instagram ofisial Rumah Remedi.

2. Pranic Healing Indonesia
Indonesia Pranic Healing merupakan organisasi yang beroperasi secara resmi di bawah World Pranic Healing Foundation. 

Khusus di masa pandemi Covid-19, Indonesia Pranic Healing menawarkan program Meditation on Twin Hearts. Program meditasi ini digelar setiap Rabu sore melalui aplikasi Zoom. 

“Indonesia dan dunia membutuhkan lebih banyak cahaya. Mari bersama-sama bermeditasi dan mengubah energi virus corona menjadi nyala terang pada cakra corona [mahkota] kita,” tulis Indonesia Pranic Healing dalam unggahan Instagram-nya. 

3. Pishi Yoga
Aprishi Allita telah fokus mempelajari yoga sejak 2013 lalu. Tak hanya yoga, perempuan yang akrab disapa Pishi ini juga kerap memberikan kelas meditasi.

SIMAK JUGA :  Eksekutif Hanya Boleh Berhutang 5,2 Persen Dari APBD 2021

Dalam akun Instagram pribadinya, Pishi menggelar kegiatan #MeditasiBersama secara daring yang bisa diikuti secara langsung melalui IGTV Live. 

Tak ada jadwal pasti. Namun, umumnya meditasi dilakukan malam hari. 

Ikuti akun Instagram Pishi Yoga untuk mengetahui jadwal #MeditasiBersama.

4. Meditasi dengan Hati
Meditasi dengan Hati diinisiasi oleh mentor meditasi Monique Hardono. Sejak 2013 lalu, Monique telah aktif di sejumlah komunitas dan mengajar meditasi.

Dalam rangka mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan physical distancing, Meditasi dengan Hati menggelar kelas daring melalui aplikasi Zoom. 

Untuk mengetahui jadwalnya, Anda bisa mengikuti akun Instagram Meditasi dengan Hati.

5. Adjie Santosoputro
Adjie Santosoputro dikenal sebagai salah satu praktisi mindfullness di Indonesia. Dalam rangka ‘menenangkan’ kekhawatiran akibat pandemi Covid-19, Adjie menggelar program #HeningSerentak melalui akun Instagram-nya.

“#HeningSerentak adalah suatu kolaborasi bersama. Bukan untuk mengendalikan kenyataan agar sesuai keinginan. Bukan pula untuk melawan yang tak sesuai harapan. Namun, hanya upaya sederhana untuk melatih diri berdamai atas apa pun yang terjadi, menenangkan diri di tengah pandemi,” tulis Adjie dalam unggahan Instagram-nya.

Adjie mengajak siapa pun untuk hening atau bermeditasi dan berdoa di rumah masing-masing setiap malam pukul 21.00 WIB. Biasanya, sebelum #HeningSerentak dilakukan, Adjie juga akan mengajak Anda untuk belajar bersama tentang pentingnya menjaga kesehatan mental dan menenangkan batin melalui IGTV Live. (awe)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *