Beranda INDONESIA Menyambut 74 Tahun HUT Kemerdekaan, Kopashri Lakukan Bedah Rumah

Menyambut 74 Tahun HUT Kemerdekaan, Kopashri Lakukan Bedah Rumah

JAKARTA, harianindonesia.id – Bukan tanpa alasan, Koperasi Pemuda Setia Hati Republik Indonesia (Kopashri) menyematkan Republik Indonesia di belakang namanya. Karena Kopashri lahir bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia lima tahun silam. Hal ini disampaikan Sunoto, sekretaris Kopashri.

Ruh momen istimewa tersebut, nyatanya cukup mewarnai sepak terjang Kopashri dalam mencapai visi dan misinya. Dan syukur yang tidak terhingga pada Allah SWT, sejauh ini Kopashri bisa dikatakan berhasil membina lima ratusan anggotanya yang mayoritas adalah pedagang kecil dan menengah. Program Simpan yang jadi ujung tombak program Kopashri diapreasiasi seluruh anggota dengan penuh kesadaran. Meski Kopashri tidak menutup peluang bagi anggotanya yang mau mengajukan pinjaman, nyatanya teramat jarang pengajuan pinjaman yang diterima pengurus. Bahkan, selama lima tahun Kopashri berperan, pengajuan pinjaman bisa dihitung dengan jari, lanjut Sunoto menjelaskan.

Menyambut tujuh puluh empat tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Kopashri merayakan HUT RI tersebut dengan melakukan bedah rumah pada salah satu anggotanya.

” Kami sebagai pengurus, punya kewajiban moral membantu anggota agar bisa tinggal di rumah yang layak, ” ujar Musta’in, ketua Kopashri di sela-sela kesibukannya.

” Memang harus diakui, bahwa belum semua anggota mapan secara ekonomi. Malah, ada beberapa anggota yang perlu dibantu untuk merenovasi rumahnya agar layak huni, ” tambah Musta’in.

Terdorong dari situasi ini, sebagai ketua, dia mencanangkan program bedah rumah. Tidak muluk-muluk, program bedah rumah ini akan terus berlanjut, sampai tidak ada lagi anggota Kopashri tinggal di rumah yang tidak layak huni, tegas Musta’in.

Tidak hanya program bedah rumah sebagai reward yang diterima anggota Kopashri. Mulai tahun depan, rencananya Kopashri juga mengalokasikan biaya umroh bagi anggotanya. Karena keuntungan dari perputaran bisnis yang dilakukan Kopashri melebihi dari target yang diharapkan. Semua itu tidak akan pernah terwujud, jika setiap anggota Kopashri tidak memberikan bantuan lewat dana yang mereka simpan. Seperti halnya harapan pengurus, setiap anggota juga secara sadar meningkatkan simpanan mereka di Kopashri. Semua itu mereka lakukan, tentulah agar Kopashri semakin sukses dan berarti bagi setiap anggotanya.

Salah satu prioritas yang sudah dirapatkan pengurus adalah agar Kopashri punya gedung sendiri. Saat ini, Kopashri masih melakukan aktivitas di ruang kantor yang disewa di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan. Berikutnya yang tidak kalah penting adalah pengajuan permohonan bantuan ke Kementeriaan Koperasi dan UKM, ujar Musta’in menutup pembicaraan.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here