Diskusi SATUPENA Membahas Pentingnya Kanon Literasi Bagi Bangsa Menghadirkan Martin Suryajaya

  • Bagikan
Martin Suryajaya

JAKARTA – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi bertema Pentingnya Kanon Literasi Bagi Bangsa.

Obrolan Hati Pena #84 tentang kanon literasi itu akan berlangsung di Jakarta pada Kamis, 4 Mei 2023, pukul 19.00-21.00 WIB.

Selaku pembicaranya dalah dosen Institut Kesenian Jakarta, Martin Suryajaya.

Panitia diskusi menyatakan, menjadi Indonesia bukanlah perkara sederhana. Tak sesederhana menghitung jumlah gugusan pulau dan luas daratan. Bukan hanya soal jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi.

Menjadi Indonesia adalah proses mendefinisikan diri sebagai bangsa yang di dalamnya ribuan jenis bahasa, budaya, dan tradisi yang telah berurat berakar berabad-abad lamanya.

Belum lagi gempuran budaya “asing” yang tak terbendung, ikut membentuk kultur hibrida generasi muda kita.

Lalu apa pentingnya mendefinisikan Indonesia? Bagaimana meramu dan meracik orientasi literasi sebuah bangsa yang sangat besar ini? Perlukah kita membangun apa yang disebut sebagai Kanon Literasi?

Bangsa Amerika juga kesulitan mendefinisikan keamerikaannya. Bangsa Eropa juga berpolemik tanpa kesimpulan dalam menjelaskan keeropaannya.

Semua masalah ini akan dibahas di diskusi SATUPENA yang dikemas dalam bentuk webinar.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https://s.id/hatipena84. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.***

SIMAK JUGA :  HUT Ke-75 Kabupaten Sijunjung Terus Bertumbuh Menuju Sijunjung Maju
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *