oleh

Bupati Bulungan Buka Workshop Kantin Sehat

BULUNGAN, harianindonesia.id ~ Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulungan bekerjasama dengan PKK Kabupaten melaksanakan kegiatan Workshop Penerapan Menu Sehat Berbasis Beragam Bergizi Seimbang Aman di Kantin Sekolah, bertempat di SDN 001 Tanjung Selor, Kamis (30/11/2017) dihadiri Ketua PKK Hj. Titien Ariany Sudjati, Kepala Sekolah SD dan SMP Tanjung Selor/Palas, Pengelola Kantin, Dan Siswa-siswi SD/SMP.

Workshop yang di buka Bupati Bulungan H. Sudjati dalam sambutannya mengatakan, makanan merupakan hal primer atau utama bagi kelangsungan hidup manusia. Tak kala banyak orang yang sakit karena, dipengaruhi makanan yang mereka asumsi. Hal ini, tentunya harus bisa menjadi perhatian khusus setiap orang. Setiap orang harus melakukan hal sehat bagi kesehatan tubuhnya.

“Harus menajdi prioritas karena makanan merupakan hal utama dalam kategori kesehatan. Kesehatan kebanyakan menyandarkan resikonnya pada makanan. Oleh sebab itu, makanan sehat amat sangat diperlukan. Sehat disini memiliki banyak definisi diantaranya adalah; bersih, mengandung vitamin, dan mengandung asupan bergizi”, ujarnya.

Oleh sebab itu tegas Bupati,sedikit apik dalam memilih makanan memang hal yang wajib kita lakukan sebagai konsumen yang mengerti. Sebagai konsumen tentunya kita harus lebih selektif, karena seperti yang kita tahu bahwa tidak semua makanan dapat bermanfaat untuk tubu. bahkan makanan itu dapat merusak tubuh kita. Hendaklah mencari makanan sehat.

“Harus bersih, tentu bersih disini dilakukan dengan menjaga kebersihan makanan itu sendiri. Kita harus mulai teliti menjaga makanan yang hendak akan kita makan”, tandas H. Sudjati.

Dikatakan, makanan harus mengandung vitamin, karena makanan yang di konsumsi harus memilki nilai vitamin terhadap tubuh, pasalnya tubuh sangat memerlukan vitamin dan dengan vitamin ini kestabilan tubuh akan tetap terjaga. Sedangkan asupan bergizi disini harus dimilki oleh makanan yang hendak akan di konsumsi agar tubuh tetap stabil.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabuapten Bulungan, H.Jamaluddin Saleh, S.Pd. mengatakan, melalui Workshop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada peserta tentang kantin sehat, sehingga dapat mengelolah gizi dan menu yang seimbang, serta dapat membuat manajemen tentang Kantin Sehat.

“Tertuang juga dalam PP Nomor 19 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) menyebutkan bahwa, setiap satuan Pendidikan wajib memiliki sarana dan prasarana antara lain ruang kantin atau kantin sekolah”, pungkas Kadisdik yang hobi mancing ini.

Agus Tomadio/ Hamka

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed