Menunggu Creative Fiesta 2021 di Sawahlunto Lahirkan Tour Designer Wisata Hebat

  • Bagikan

Oleh : Ridwan Tulus)*

Ada hal yang sangat menarik ketika kemarin saya dihubungi oleh Ricky Putra Sinaro untuk menjadi salah satu pembicara dalam acara ” Creative Fiesta ” yang insyaallah akan diadakan di Heritage City Kota Tambang Sawahlunto 9 – 11 Desember ini.

Ricky Putra Sinaro adalah pemuda kampung nelayan Sungai Pinang yang telah berhasil memperkenalkan daerahnya Sungai Pinang kedunia internasional yang mana sebelum pandemik tamu yang berkunjung kesana 100% asing dan 75% pertama ke Asia Tenggara.

Sekarang beliau tergabung dalam team ” SANAK ” (Satuan Tenaga Konselor) binaan dari kadis pariwisata Sumbar Bapak Novrial.

Team Sanak yang terdiri dari 8 pemuda Sumbar yang telah berkontribusi banyak dalam membuat dan menciptakan destinasi wisata baru di Sumbar yang mana eksistensi mereka bahkan sudah diakui dunia.

Peluang ini langsung ditangkap oleh kadis pariwisata Sumbar dan mengajak mereka bersama dan bersinergi untuk turut mengangkat destinasi – destinasi lain diSumbar.

Creative Fiesta 2021

Creative Fiesta adalah suatu acara yang digagas oleh team Sanak bersama Diparda Sumbar yang bertujuan sebagai berikut ;

1. Ditujukan sebagai ajang copy darat 10 pokdarwis terbaik sumbar tahun 2020 dan 2021 ditambah beberapa pokdarwis yg sdh difasilitasi Disparprov Sumbar dalam bentuk jambore yg dilakukan di Sawahlunto tgl 9-11 Desember 2021.

2. Acara ini dikemas dengan pola outdoor activity, diisi agenda “experience sharing” oleh beberapa narasumber kompeten terkait agrotourism, tour designing, digital marketing dan media journalism, ditambah agenda – agenda seperti team work building, plan presentation, art and cultural performing.

3. Diharapkan paska acara ini, pendampingan 1 tahun yg dilakukan Disparprov sdh dapat menghasilkan pokdarwis yang siap sebagai penggerak pariwisata daerah, siap menerima kunjungan dengan prinsip sapta pesona yang excellence, dan siap utk berbagi dengan ratusan pokdarwis lain di seluruh Sumatera Barat.

Menjadi Tour Designer yang Tulus dan Kampoeng Inspirasi Challenge !

Melihat program yang luar biasa ini yang dikelola oleh team Sanak bersama Diparda Sumbar, saya sendiri bersama team dari Green Tourism Institute merasa tertantang dan akan menantang para peserta nantinya menjadi Tour Designer yang hebat dan menantang semua peserta bagaimana membuat destinasi wisata yang berkelas dunia sebagai Green Tourism Destination (protect the cultures, protect the natures, empower and bring benefit for local people serta support conservation.

SIMAK JUGA :  Sepuluh Hari Tayang Film Keluarga Cemara Tembus Satu Juta Penonton

Karena salah satu kelemahan kepariwisataan di Indonesia tidak banyak praktisi yang bisa mendesign tour yang berkelas.

Dan dalam paparan saya nantinya saya akan menantang para peserta bagaimana menjadi tour designer yang berkelas yang bisa membuat desa wisata yang berkelas nasional dan internasional sebagai Green Tourism Destination yaitu ” Kampoeng Inspirasi ”

Karena selama ini saya bersama team dari www.greentourism-institute.org dengan biaya sendiri telah berhasil membuat destinasi wisata sebagai Green Tourism Destination yang sudah mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Seperti salah satu contohnya bersama team binaan GTI diPariaman yaitu Tabuik Diving Club (TDC) telah berhasil menyulap lahan yang gersang di Desa Apar menjadi taman manggrove yang sangat rimbun dan indah. Dan juga berhasil menyulap terumbu karangnya yang rusak menjadi taman bawah laut yang indah dikota Tabuik tersebut.

Dan yang lebih luar biasa lagi karya kami bersama team kami diBukit Lawang – Sumut yaitu Sabarata Subangun telah berhasil membuat ” Ecobrick ” (bangunan dari sampah plastik) terbesar didunia yang membuat kampung tersebut bebas dari sampah plastik yang meresahkan dunia saat ini menurut beberapa media internasional dan Jakarta Post edisi 27 Februari 2021.

Dan bahkan menurut Enterprise Risk Management Academy (ERMA) – Singapore ide saya tentang Social Tourism (Sotopreunership) dianggap hal baru didunia.

Semoga dengan acara ini nantinya akan bermunculan para tour designer – tour designer yang berkelas lainnya.

Terima kasih Team Sanak
Terima kasih Dinas Pariwisata Sumbar.
Mari kita bersama mewujudkan Sumbar sebagai Green Tourism Destination dan memberi solusi untuk kepariwisataan di Indonesia dan dunia dengan membuat destinasi wisata yang justru bisa menyehatkan disaat pandemik ini dengan forest healing dan oceanic healing.

Stay safe and healthy with Green Tourism Program

Thanks for being a Green Friend of Indonesia !

Ridwan Tulus

www.sumatraandbeyond.co
International Green Tour Operator
Support for
Green Tourism Institute

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *