Ziarahi Makam Tuanku Imam Bonjol di Minahasa, Wagub Sumbar Rencanakan Pemugaran

  • Bagikan

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy sedang berdoa di Makam Tuanku Imam Bonjol di Minahasa, Sulawesi Utara (Foto Handry Tuuk)

Manado – Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng Datuak Rajo Pasisia Alam
menziarahi makam Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol di Desa Lotta, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Senin (28 Februari 2022).

Di Bandara Sam Ratulangi, Wagub Sumbar disambut Ketua Umum Persaudaraan Minahasa-Minangkabau (PMM) Sevry Nelwan dan Sekjen Arly Dondokambey dengan adat dan pakaian khas Minahasa.

Dari bandara rombongan Wagub Sumbar langsung menuju Makam Tuanku Imam Bonjol. Sesampai di makam Tuanku Imam Bonjol Audy langsung mengucapkan salam dan berdoa.

Memasuki bangunan pemakaman Tuanku Imam Bonjol, akan terlihat sebuah makam dengan batu nisan bertuliskan Peto Syarif Ibnu Pandito Bayanuddin bergelar Tuanku Imam Bonjol Pahlawan Nasional. Lahir tahun 1774 di Tanjung Bungo/Bonjol Sumatera Barat, wafat tanggal 6 November 1854 di Lota Minahasa.

Imam Bonjol meninggal dalam pengasingan pemerintah kolonial Belanda karena berperang menentang penjajahan untuk kemerdekaan Tanah Air, bangsa, dan negara.

Terdapat sebuah lukisan besar yang memperlihatkan Tuanku Imam Bonjol sedang menunggangi kuda dan bersiap untuk menyerang, di dinding sebelah makam. Jika ingin melihat tempat Tuanku Imam Bonjol melaksanakan shalat, pengunjung bisa melangkahkan kaki untuk menuruni tangga menuju pinggir sungai.

Sesampainya di ujung, akan terlihat bangunan bertuliskan Tempat Ibadah Tuanku Imam Bonjol.

Di tempat tersebut terdapat sebuah batu besar yang dulunya digunakan ulama itu untuk shalat. Bagi wisatawan yang ingin shalat di sana, terdapat sebuah mushala yang berada di ruangan sebelahnya.

Setelah berziarah Wagub mengatakan pihaknya akan memugar Makam Tuanku Imam Bonjol. “Sudah saya bicarakan dengan Kemendikbud dan Dirjen Kebudayaan,” kata Wakil Gubernur termuda di Indonesia ini. Saat ini Audy Joinaldy berusia 38 tahun.

SIMAK JUGA :  Jokowi dan Politisi Muda

Dari makam Tuanku Imam Bonjol, Wagub Sumbar diundang ke rumah pribadi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey,SE yang didampingi Sekdaprov Sulut Drs Gammy Kawatu MSi Ketua KNPI Sulut Rio Dondokambey putra tertua Gubernur. Sedangkan Wagub Sumbar didampingi Sevry Nelwan dan Arly Dondokambey.

Audy menyampaikan terimakasih atas sambutan Pemprov Sulut, Pemkab Minahasa dan Persaudaraan Minahasa – Minangkabau. “Saya ucapkan terimakasih tak terhingga khususnya Pemprov Sulut, Gubernur dan pengurus PMM. Saya titipkan Tuanku Imam Bonjol pada masyarakat Sulawesi Utara, ” kata Andy.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey juga mengucapkan terimakasih kepada Wagub Sumbar, atas kepedulianya yang mencanangkan pemugaran Makam Pahlawan Imam bonjol di desa Lota Minahasa dengan Kemendikbud, Pemrov Sulut dan Pemkab Minahasa.

Kunjungan kerja Wagub Sumbar akan di lanjutkan hari ini menuju Kantor Pemkab Minut dan Bertemu Bupati Minut Joune Ganda, meninjau DPSP Likupang untuk Melihat lihat Kerjasama apa yg akan di buat antara Pemprov Sumbar dan Pemkab Minut.

“Terimakasih Pak Wagub atas kunjungannya. Semoga kunjungan ini makin mempererat hubungan silaturahmi antara masyarakat Minahasa dan Minangkabau,” kata Arly yang juga owner media online Harianmanado.com (Kabar Media Group) (Tuuk)

Source : Harianmanado.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *