Ribuan Pesilat Deklarasikan Dukungan untuk Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

  • Bagikan

Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri deklerasi dukungan ribuan pendekar silat untuk dirinya dan Mahfud MD pada Pilpres 2024 di De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar pada Minggu (24/12/2023). Pada kesempatan itu Ganjar menyampaikan pentingnya pelestarian seni bela diri silat. (Foto : kredit TPNGM)

Karanganyar – HARIANINDONESIA.ID :

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI, Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) tak berhenti menerima dukungan dari berbagai elemen masyarakat dan kelompok organisasi menjelang Pilpres 2024.

Kali ini, giliran belasan ribu anggota Jaringan Pencak Silat Nusantara (JPSN) mendeklarasikan dukungannya untuk memenangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

Capres Ganjar Pranowo menghadiri secara langsung deklarasi yang diadakan di De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar pada Minggu (24/12/2023).

Ganjar menyampaikan terima kasih atas soliditas yang terbentuk dari para pesilat dan dukungan yang diberikan JPSN untuk paslon Ganjar-Mahfud.

“Ada dukungan dari pencak silat dan saya menyampaikan terima kasih atas dukungannya,” ujar Ganjar usai mengikuti deklarasi JPSN.

Pada kesempatan itu, Ganjar sempat menerima aspirasi dari JPSN terkait keinginan memajukan perkembangan dunia seni pencak silat lebih luas di dunia bela diri internasional.

Berdasarkan aspirasi tersebut, Ganjar berjanji akan mendorong eksistensi pencak silat nusantara agar bisa lebih mendunia.

Salah satunya, kata Ganjar, dengan menyiapkan regenerasi atlet seni bela diri. Khususnya regenerasi atlet pencak silat yang beraliran asli dari nusantara.

“Maka saya dorong siapkan generasinya, siapkan atletnya agar mereka punya prestasi di situ dan kelak kemudian prestasi itu akan jadi bekal dan nilai tambah untuk bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik,” kata Ganjar.

Penting, Melestarikan Kebudayaan

Dalam kesempatan orasi politiknya, Ganjar Pranowo menyinggung akan pentingnya sebagai bangsa harus punya kebudayaan, punya kepribadian, salah satunya silat. Dikatakan Ganjar, nenek moyang kita semua mengajarkan tentang kebaikan, bela diri salah satunya.

SIMAK JUGA :  Polisi Dalami Dugaan Pungutan di RSKM Cilegon Untuk Pasien Korban Tsunami

“Inilah pekerjaan kita semua untuk membangun seni dan kebudayaan itu, termasuk di dalamnya ada pencak silat, yang punya nuansa seni tinggi, filosofinya tinggi, bisa untuk bela diri, bisa juga untuk olah raga,” katanya.

Ganjar membayangkan jika ragam seni dan kebudayaan yang ada di Indonesia bisa dikemas seni pertunjukan yang baik dan menarik, bakal bisa dinikmati seluruh dunia. Banyak kemudian prestasi-prestasi yang muncul, bahkan di tingkat dunia.

“Salah satunya silat, sudah mulai dipentaskan di banyak event olah raga di kelas dunia. Ini yang harus terus kita siapkan,” tegas Ganjar.

Ditambahkannya, JPSN bisa menyiapkan generasi-generasi muda yang bisa menjadi atlet-atlet hebat, kemudian disiapkan bisa bertanding, bukan hanya skala nasional, tapi sampai skala internasional.

“Bendera merah putih itu bisa berkibar di dunia internasional hanya karena dua hal. Pertama kunjungan kenegaraan presiden, dan kedua karena ada yang mendapat medali. Inilah yang perlu kita siapkan,” ujar Ganjar.

Kebaikan-kebaikan dari tradisi dari nenek moyang, tambah Ganjar, harus sampai ke anak-anak muda. Anak-anak muda sangat hormat kepada orang tuanya, punya budi pekerti yang baik, punya prestasi yang baik karena guru-gurunya yang hebat.

“Kita akan cari anak-anak berprestasi, mungkin prestasi olah raga, prestasi akademik yang mungkin saja mereka dari keluarga yang tidak mampu, biarlah yang mengurus negara,” tegas Ganjar. (**)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *