Latihan Perang Cina, Rusia, Iran, Poros Baru Kekuatan Militer Dunia?

  • Bagikan

Ilustrasi. Rusia melaksanakan latihan perang besar-besaran dengan China dan Iran di tengah ancaman meletusnya Perang Dunia 3, diduga mereka berkoalisi. /REUTERS/Anton Vaganov/Pool

Jakarta – Rusia semakin mempersiapkan kekuatan militernya di tengah ancaman meletusnya Perang Dunia 3.

Bersama dengan China dan Iran, Rusia dilaporkan telah memulai latihan perang besar-besaran yang dilaksanakan di Samudra Hindia bagian utara.

Diketahui, latihan perang yang dinamai “Sabuk Keamanan Laut 2022” tersebut dilakukan oleh angkatan laut tiga negara tersebut.

Pejabat angkatan bersenjata Iran, Mostafa Tajoldin mengatakan latihan perang yang dimulai sejak Jumat, 21 Januari 2022 tersebut bertujuan untuk memperkuat kekuatan militer tiga negara.

“Tujuannya adalah untuk memperkuat keamanan, memperluas kerja sama antara ketiga negara, serta mendukung perdamaian dunia,” katanya.

Pernyataan tersebut sontak menimbulkan spekulasi bahwa Rusia, China, dan Iran akan berkoalisi melawan kekuatan barat jika Perang Dunia 3 meletus.

Diketahui, ini bukanlah satu-satunya latihan perang besar gabungan yang dilakukan oleh Rusia dalam waktu dekat ini.

Mereka dikabarkan telah mengagendakan latihan perang yang dinamai “Resolusi Sekutu 2022” bersama Belarusia yang akan dimulai pada Februari 2022 mendatang. / Rif

SIMAK JUGA :  Attaturk Nama Jalan di Jakarta, Jubir PS : Kita Menghormati Pilihan Ideologi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *