Beranda BERITA UTAMA Jokowi-Ma’ruf Pagi Ini Jalani Tes Kesehatan

Jokowi-Ma’ruf Pagi Ini Jalani Tes Kesehatan

JAKARTA,- Pasangan bakal capres-cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, akan menjalani pemeriksaan kesehatan, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (12/8) pagi. Jokowi-Ma’ruf merupakan pasangan bakal capres-cawapres pertama yang menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan Pilpres 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan proses pemeriksaan kesehatan dimulai pukul 08.00 WIB. “Keduanya akan mulai diperiksa pukul 08.00 WIB,” ujar Arief melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (11/8) malam.

Tim pemeriksa kesehatan capres-cawapres akan dipimpin oleh dr. Danardi Sosrosumihardjo Spkj. Tim pemeriksa berasal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan tim dokter RSPAD. Sekitar 50 dokter beserta tim kesehatan akan terlibat dalam pemeriksaan kesehatan ini.

KPU tak memperbolehkan capres-cawapres melakukan pemeriksaan kesehatan sendiri. Pemeriksaan kesehatan hanya akan dilakukan sekali.

Pada tahapan ini capres-cawapres akan diperiksa mata, telinga, gigi, hingga organ dalam. Selain itu juga akan ada pemeriksaan kejiwaan lewat psikotes serta bebas penyalahgunaan narkotika.

Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Aturan rinci terkait pemeriksaan tersebut terdapat pada SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here