Beranda BERITA UTAMA Gubernur Kalteng Tegaskan: ASN Terlibat Korupsi Segera Dinonaktifkan

Gubernur Kalteng Tegaskan: ASN Terlibat Korupsi Segera Dinonaktifkan

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran ketika melantim Sekda Fahrizal Fitri.

Palangkaraya, suarabhayangkara.com – Gubernur Kalimantan Tengah meminta Sekretaris Daerah (Sekda) segera membuat surat rekomendasi ke lingkup Pemprov Kalteng dan seluruh Kabupaten/Kota agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat korupsi segera dinonaktifkan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran usai melantik Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri di istana Isen Mulang, Rabu (7/11/2018) siang.

Gubernur menyebutkan, di Kalteng terdapat 55 ASN yang terlibat statusnya koruptor,”Diantaranya lima ASN dilingkup Pemerintah Provinsi. Sedangkan 50 ASN dari jumlah keseluruhan beberapa Kabupaten/Kota,” sebut Gubernur.

Sebelum mengambil keputusan dinonaktifkannya bagi ASN khususnya di Kalteng, terlebih dahulu Gubernur Sugianto sudah meminta petunjuk kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafrudin saat berkunjung ke Kalteng beberapa waktu lalu.

“Sebelumnya, saya waktu itu berada satu mobil dengan Menpan-RB memohon petunjuk secara lisan terkait 55 ASN yang terlibat Koruptur. Beliau mengatakan, ya sudah segera lakukan tindakan, bikin surat,” ungkap Gubernur.

Ditempat yang sama, Sekda yang baru dilantik Fahrizal Fitri akan segera menindaklanjutinya terhadap puluhan ASN yang tersangkut masalah hukum.

Sekda mengatakan, pihaknya sudah mengantongi nama-nama tersebut. Maupun yang sudah ingkrah atau belum.

“Kalau yang sudah inkracht, kita akan ambil tindakan pemecatan secara tidak hormat terhadap ASN tersebut. Kalaupun sebaliknya, kita akan menonaktifkan jabatannya sementara sampai keluar keputusan,” beber Sekda.

(Parlin/Masroby)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here