Besok Debat Cawapres Mahfud MD Fokus ke Program, tak Akan Serang Pihak Lawan

  • Bagikan

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud memberikan penjelasan tentang kesiapan Cawapres Mahfud MD menghadapi debat, Jumat (22/12) malam. Cawapres Mahfud dinyatakan akan fokus menyampaikan program unggulan dan tidak akan menyerang pihak lawan. (Foto : kredit media center TPNGM)

Jakarta, HARIANINDONESIA.ID –

Besok, Jumat, 22 Desember 2023, KPU RI akan menggelar Debat Cawapres bertempat di Jakarta Convention Center, dengan mengusung tema Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan nama 11 panelis untuk debat perdana calon wakil presiden (cawapres).

Dari 11 nama yang dirilis, mayoritas panelis merupakan ekonom, akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia hingga lembaga riset seperti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Para panelis akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk ketiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin , Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Berikut daftar nama 11 panelis debat kedua Pilpres 2024.

1. Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020)

2. Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember)

3. Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Atmajaya 2015-2023)

4. Fausan Ali Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

5. Hendri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Indonesia)

6. Hyronimus Rowa (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi IPDN)

7. Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM)

8. Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025)

9. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro)

10. Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)

11. Yose Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS)

Mahfud MD Sudah Siap Debat

Sementara itu, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud menyatakan Calon Wakil Presiden Mahfud MD sudah sangat siap menghadapi debat cawapres pertama.

“Meski banyak yang berpendapat kekuatan beliau ada di bidang politik, hukum, dan keamanan, kami pastikan Mahfud MD sangat siap menampilkan performa terbaik dan memenangkan debat cawapres bertema ekonomi. Beliau mendapat banyak masukan dari tim ekonomi TPN,” kata salah satu juru bicara TPN, Michael Victor Sianipar dalam konferensi pers di Media Lounge TPN Ganjar-Mahfud, Kamis, (21/12/2023).

Dalam jumpa pers dipandu Mirza Ahmad ini, Michael didampingi dua juru bicara TPN lain ⁠yakni Nadia Hasna Humaira dan Dini Ramadhani, serta perwakilan TPN Ganjar-Mahfud di KPU RI Lisa Elfena.

SIMAK JUGA :  Menyerah, SBY dan Agus Berkoalisi dengan Jokowi, Pengamat : Kemungkinan Jalan Itu yang Diambil

Dengan Gerak Cepat ‘Sat-set Tas-tes’ dengan prinsip _No One Left behind_, Ganjar-Mahfud bertekad mewujudkan Indonesia Emas dengan ekonomi yang adil, menjadi kekuatan ekonomi besar dunia dengan mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen dan membuka 17 juta lapangan kerja.

Michael menambahkan, selain mendapat input dari para pelaku ekonomi di TPN seperti Arsjad Rasjid, Hary Tanoesoedibjo, Sandiaga Uno dan pebisnis lain, kesiapan Mahfud punya nilai tambah karena langsung turun mendengar suara rakyat kecil.

Ia mencontohkan, Rabu lalu (20/12/2023), Mahfud bertemu langsung para nelayan di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. “Selain ikut menyusuri kawasan pesisir dengan perahu dan makan siang hasil olahan para nelayan, Mahfud MD mendengar langsung keluhan mereka. Dari sinilah, beliau tahu persoalan sebenarnya di tingkat bawah, bukan hanya di tataran elit,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Nadia Hasna Humaira menyatakan bahwa besok Mahfud akan tampil sangat cekatan sesuai slogan, ‘Sat Set Tas Tes’.

“Beliau tak berminat menyerang pihak lawan, tapi fokus menyampaikan program-program unggulan di bidang ekonomi seperti KTP Sakti, Internet Gratis, Semua Bisa Kerja dengan Pembukaan 17 Juta Lapangan Kerja, dan 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana. Prinsipnya ‘Kerja Mudah, Harga Murah, Hidup Berkah,” urai Nadia.

Dini Ramadhani menambahkan, bicara kesejahteraan nelayan merupakan permasalahan kompleks. Ganjar-Mahfud bertekad memberantas ‘Bank Emok’ alias rentenir keliling yang menawarkan pinjaman ilegal dengan syarat sangat mudah namun berbuntut bunga sangat mencekik.

“Ganjar-Mahfud akan memberesi regulasi hukum soal ini. Tapi kita juga harus pahami mengapa nelayan harus berutang dengan cara seperti itu. Mencari ikan di pesisir sekarang sulit, sementara untuk ke tengah laut harus mengeluarkan solar dan sewa perahu lebih mahal. Di sinilah komitmen Ganjar-Mahfud tegas memutus rantai kemiskinan dengan menghidupkan ekonomi kerakyatan,”paparnya.

Sebagai penghubung TPN Ganjar-Mahfud di KPU RI, Lisa Elfena menjelaskan, alur debat cawapres masih sama dengan debat capres 12 Desember lalu. Diawali pendalaman visi misi program, pertanyaan panelis, dan tanya jawab antar calon wakil presiden.

“Profesor Mahfud sudah berlatih dan mempersiapkan diri dengan sangat baik Capres Ganjar juga sangat mendukung untuk debat cawapres besok,” tegas Lisa. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *