Beranda BERITA UTAMA Banjir dan Longsor Landa Manado, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Banjir dan Longsor Landa Manado, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Banjir di Bandara Sam Ratulangi Manado.

MANADO, harianindonesia.id – Banjir dan longsor melanda Kota Manado Sulawesi Utara, setelah diguyur hujan sejak Kamis sore hingga Jumat (01/02/2019). Tercatat sudah tiga warga meninggal alibat encana longsor dan banjir ini.

Dari data yang diperoleh, dua korban longsor adalah Natalia Lapian (1) warga Kelurahan Mahawu, Kecamatan Tuminting dan Jon Tinofes Juarmas, warga Kelurahan Taas, Kecamatan Tikala. Sementara satu korban akibat banjir adalah Richard Ridik Patabone, (5) warga kelurahan Kombos Timur, Lingkungan III, Kecamatan Singkil.

Selain banjir dan longsor, pohon tumbang juga terjadi di sejumlah titik.

Pemerintah Kota Manado baik Walikota Dr GS Vicky Lumentut, Wakil Walikota Mor Bastiaan serta Sekda Micler Lakat dan instansi terkait melakukan pemantauan di sejumlah lokasi terdampak bencana.

Pemkot dibantu instansi berwenang sementara melakukan pendataan bangunan dan warga yang menjadi korban bencana yang terbilang cukup parah ini.

Banjir dilaporkan cukup tinggi di sekitar Kompleks Kantor Wali Kota Manado, tepatnya di Jalan Lumimuut, Kelurahan Tikala Kumaraka, Kecamatan Tikala, serta kelurahan banjer, ketinggian air mencapai 70 cm.

Berdasarkan pantauan, air tidak sampai masuk ke Kompeks Perkantoran Wali Kota Manado. Meski begitu, banjir mengakibatkan arus lalu lintas di ruas jalan depan kantor Wali Kota Manado macet.

Di Kelurahan Paal Dua, Kecamatan Paal Dua, Kota Manado banjir menggenangi sekitar 120 rumah yang dihuni sekitar 350 jiwa. Tak ada korban jiwa dalam banjir ini. Namun, air bah itu membuat ratusan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Selain itu, di Kelurahan Bailang serta Kelurahan Mahawu, ketinggian air mencapai atap rumah warga. Tim Basarnas bersama TNI-Polri masih terus mengevakuasi warga yang rumahnya terendam air.

“Saat ini kami sudah mengevakuasi 25 orang yang terjebak banjir,” ujar Humas Basarnas Manado, Ferry Aryanto.

Banjir Juga dikabarkan sampai ke Bandara Sam Ratulangi, Kota Manado. (***)

Sumber okezone.com dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here