Audy : Pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin Jalan Terus, LAMN Siapkan Dana Lahan

  • Bagikan

PADANG – Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi memastikan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin akan dilanjutkan sampai selesai, pihak Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) sudah menyiapkan dana pembebasan lahan tol.

“Saya tegaskan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin akan dilanjutkan terus sampai selesai dan LAMN sudah menyatakan akan membayarkan biaya ganti rugi lahan,” tegas Audy kepada wartawan di Padang, Rabu (2/3).

Menurut Audy, pihaknya diminta oleh pemerintah pusat untuk konsentrasi saja dalam pembebasan lahan tol Padang-Sicincin, sehingga kontraktor bisa kembali menjalankan kegiatan pekerjaannya.

Jika pembangunan jalan tol Padang-Sicincin selesai pada waktunya, maka Audy optimistis pembangunan seksi jalan tol selanjutnya akan bisa juga dilaksanakan.

Audy menjelaskan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Danang Parakesit tentang kelanjutan pembangunan Jalan Tol Padang Pekanbaru.

Dari komunikasi itu, kata Audy, dirinya diminta Kepala BPJT untuk konsentrasi bersama seluruh stake holder untuk konsentrasi menyelesaikan pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin dulu.

Baru setelah itu, akan dibahas kembali pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru, terutama untuk seksi jalan tol Sicincin-Bukittinggi.

“Jadi strategi kami saat ini adalah melakukan pekerjaan secara step by step dulu. Setelah selesai Padang-Sicincin baru kemudian kita masuk ke jalan Tol Sicincin Bukittinggi,” papa Audy.

Dia meyakani program pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru akan terealisasi sesuai yang sudah diprogramkan.

Pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin sebelumnya sempat dikabarkan mangkrak karena lambatnya pembebasan lahan.

Sebaliknya Ketua BPJT sempat menerbitkan surat kepada Dirut PT Hutama Karya untuk penundaan seksi jalan tol Sicincin-Pangkalan dan Bangkinang- Pangkalan.

Tetapi sejak beberapa waktu terakhir terjadi percepatan pembebasan lahan tol Padang-Sicincin dan dilaporkan jumlah lahan yang dibebaskan itu sudah masuk dalam skema pekerjaan jalan tol atau sudah memadai dalam bentuk luasan yang akan dikerjakan.

SIMAK JUGA :  Ganti Rugi Lahan Tol Sicipa Urusan LMAN, Tendy : Kami hanya Meneruskan Validasi Lahan

Audy juga menyampaikan kegembiraannya bahwa pihak LMAN juga telah menyampaikan komitmen untuk membayarkan biaya ganti rugi lahan tol Padang-Sicincin.

“Jadi kami mohon doa kita bersama supaya proyek prestius di Sumbar ini bisa kita selesaikan secepatnya, untuk kemudian kita masuk ke tahap tol selanjutnya,” papar Audy mengalhiri. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *