LBH Onne Mitra Sejati Dan BPHN Mengasuh”, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Ajak Pelajar Lebih Sadar Hukum

  • Bagikan

penyuluhan hukum dengan tema “Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Mengasuh dan LBH Onne Mitra Sejati.(20/3/2023)

 

Harianindonesia.id  –  Jawa Tengah, Penyuluh Hukum pada Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum dengan tema “Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Mengasuh dan LBH Onne Mitra Sejati di beberapa sekolah di Jawa Tengah Senin (20/03/2023).

Melalui kegiatan Penyuluhan Hukum dengan tema “BPHN Mengasuh” diharapkan menjadi momentum yang bernilai dalam pembinan hukum di sekolah dan dapat menjadi langkah preventif terhadap tindak pelanggaran hukum bagi para Pelajar.

Kegiatan penyuluhan hukum serentak ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cilacap, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. dengan peserta sebanyak 60 orang yang terdiri dari 48 orang siswa dan siswi serta 12 orang pengajar/guru dan SMP Negeri 1 Cilacap.

Subbidang Penyuluhan BPHN menyampaikan penyuluhan hukum adalah upaya meningkatkan pemahaman tentang hukum dan pemahaman nilai-nilai Pancasila. Sebelum memulai kegiatan penyuluhan hukum seluruh siswa di ajak menyaksikan tayangan video pesan-pesan Kepala Badan BPHN. Dalam kegiatan ini, seluruh peserta akan mendapatkan informasi dan penjelasan yang lebih rinci tentang hukum, serta cara-cara untuk menghindari atau mengatasi masalah hukum yang mungkin di hadapi serta mendorong siswa untuk menjadi warga negara.

Dikesempatan yang sama Kepala sekolah SMP 1 Negeri Cilacap, Kasdirin, S.Pd menambahkan saat ini marak terjadi peristiwa anak berhadapan hukum yaitu anak yang berkonflik dengan hukum, anak yang menjadi korban tindak pidana dan anak yang menjadi saksi tindak pidana sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi upaya preventif agar para pelajar sebagai generasi penerus bangsa tidak terlibat dalam tindakan kekerasan, tawuran dan tindak pidana lainnya.” pungkasnya.(Pur)

SIMAK JUGA :  Manfaatkan Bonus Demografi, Paslon Ganjar-Mahfud Pastikan 17 Juta Lapangan Kerja Baru
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *