Jokowi akan Resmikan Langsung Pasar Pariaman

  • Bagikan

Pasar Rakyat Pariaman akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi, 30 Maret mendatang. Kepastian kedatangan Jokowi ini disampaikan Walikota Pariaman Dr Genius Umar kepada wartawan, Senin (22/3/2021). (Foto : Dok. FE)

PARIAMAN — Presiden Jokowi dipastikan akan meresmikan langsung pemakaian Pasar Rakyat Pariaman yang dibangun atas bantuan pemerintah pusat, 30 Maret mendatang.

“Saya ditelpon oleh Menteri PUPR Basuki bahwa Presiden Jokowi bersedia datang ke Pariaman meresmikan pemakaian Pasar Pariaman,” kata Walikota Pariaman Dr Genius Umar, Ssos, MSi kepada wartawan di Pariaman, Senin (22/3/2021).

Selain memastikan kedatangan Presiden Jokowi ke Pariaman, Menteri PUPR juga meminta Wako Genius Umar agar pasar ditempati para pedagang sebelum diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Walikota Pariaman Dr Genius Umar (tengah) saat bertemu Mantan Wapres Jusuf Kalla, di kediamannya, beberapa waktu lalu. (Foto : dok)

Pasar Rakyat Pariaman dibangun diatas areal seluas 5.431 meter per segi. Pembangunannya sudah dimulai pada Puncak Peringatan Hari Nusantara di Kota Pariaman pada Desember 2019 yang lalu.

Pasar Rakyat Pariaman dibangun empat lantai dengan konsep tahan gempa.

Dengan demikian Pasar Pariaman juga bisa dijadikan sebagai shelter, jika terjadi Tsunami.

Kondisi pasar sampai saat ini, jelas Genius sudah selesai secara keseluruhan. Namun masih ada pekerjaan finishing yang harus dilakukan menjelang diresmikan presiden.

Berkaitan dengan permintaan Presiden supaya pasar ditempati pedagang terlebih dahulu sebelum diresmikan, mantan Cawagub Irjen Pol Fakhrizal ini, menyatakan bahwa Pemko Pariaman sesegeranya akan menyiapkan regulasi dan persyaratan administrasinya.

“Prinsipnya kita sudah siap memasukan para pedagang ke dalam pasar. Tetapi sebelum itu, kita akan siapkan regulasi dan administrasinya terlebih dulu,” papar Genius.

Presiden, menurut Genius Umar, berharap keberadaan pasar bisa dinikmati oleh para pedagang. Itu alasan mengapa beliau meminta pasar ditempati dulu sebelum diresmikan.

SIMAK JUGA :  Rusia Ancam Finlandia dan Swedia jika Nekat Gabung NATO

Berkaitan dengan rencana kedatangan Presiden Jokowi ke Pariaman, Walikota bersama Forum Pimpinan Daerah (Forkompimda) kota Pariaman dan OPD terkait, Senin (22/3/2021) menggelar rapat persiapan.

PERSIAPAN PENGAMANAN

Sementara Dandim 0308 Pariaman, Letkol Czi. Titan Jatmiko, dalam kesempatan sama menyampaikan, bahwa pihaknya akan melakukan persiapan pengamanan R1 bersinergi dengan pihak Polres Pariaman.

“Kita hanya menunggu perintah dari atasan, untuk kepastian kapan kedatangan R1 dan kita siap,” katanya.

Ia menyampaikan, untuk persiapan tersebut dipastikan akan rampung dua hari sebelum kedatangan R1 satu dan pengamanan akan dilakukan secara berlapis sebagaimana ketentuan pengamanan R1.

“Untuk titik pengamanan nanti akan dibicarakan dengan Paspampres,” katanya. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *