Wabub Pimpin Langsung Apel Peringatan Hari Pramuka Ke – 61 Tahun 2022

  • Bagikan

Tamiang Layang – Wakil Bupati Barito Timur (Bartim) pimpin langsung apel Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat Kabupaten Barito Timur tahun 2022, bertempat di Halaman Kantor Bupati Barito Timur, Rabu (28/9/2022).

“Adapun apel diawali dengan penghormatan kepada pembina apel dipimpin oleh pemimpin apel. Selanjutnya laporan pemimpin apel kepada pembina apel dilanjutkan dengan pengucapan naskah yaitu Tri Satya Pramuka dan Dasa Darma Pramuka”, ucap Wabub.

Selanjutnya Penganugrahan Tanda kehormatan gerakan Pramuka berupa Lencana Melati, Lencana Darma bakti dan Lencana Pancawarsa didahului dengan pembacaan Surat Keputusan Kwartir Nasional tentang Pemberian Tanda Penghargaan Satya Lencana melati Pramuka dan Lencana Darma Bakti Pramuka serta Panca Warsa.

Dengan Tema “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Kemudian, “Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang terutama di wilayah Kabupaten Bartim”.

Saat Wabub Habib Said Abdul Saleh membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Wases, tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

Habib Said Abdul Saleh mengatakan pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal.

Semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan Kode Kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya.

SIMAK JUGA :  Hadiri Repsesi Pernikahan, Belasan Warga Diduga Keracunan

“Di semua kode kehormatan Gerakan Pramuka itu ditekankan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antar golongan serta memiliki jiwa yang luhur”, pungkas Wabub. (Snn).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *