Riza Rahmadi Wakili Pemprov Kalteng Serahkan 10 Ekor Sapi Qurban

  • Bagikan

Tamiang Layang – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyerahkan 10 ekor bantuan sapi hewan qurban secara simbolis dalam rangka hari raya Idol Adha 1443 Hijriah untuk masyarakat Barito Timut melalui pemerintah daerah setempat, di dihalaman Mesjid Anggung Arrahman Tamiang Layang, Jumat (08/07/2022).

“Penyerahan 10 ekor bantuan hewan qurban tersebut diwakili oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng, Riza Rahmadi yang diterima Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas didampingi Kabag Kesra, Asisten III dan pengurus mesjid lainya”.

Riza Rahmadi mengatakan, saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran pemprov Kalteng menyalurkan bantuan hewan sapi kurban ke seluruh kabupaten atau kota yang ada di Kalteng tersebut, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat khususnya umat islam yang akan merayakan Idul Adha atau hari raya qurban.

“Adapun sapi hewan qurban didistribusikan ke 13 kabupaten 1 (satu) kota se-Kalimantan Tengah sebanyak 416 ekor”, ucap Riza Rahmadi.

Kemudian ujarnya, bantuan hewan kurban tersebut akan disalurkan pemerintah daerah setempat melalui yakni, mesjid, musala, pondok pesantren dan panti asuhan. “Agar masyarakat sekitar yang membutuhkan dapat memanfaatkan daging kurban pada perayaan hari raya Idul Adha nantinya”.

“Sehubungan dengan adanya situasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pemerintah telah melakukan upaya mitigasi risiko dan penyesuaian terhadap prosedur pelaksanaan kurban yaitu, pada tahapan penjualan hewan kurban, pemeriksaan kesehatan, pemotongan hewan kurban, penanganan daging kurban, dan penanganan limbah penyembelihan kurban,” ungkap Riza.

“Selanjutnya bantuan hewan kurban dari pemprov Kalteng tersebut juga telah melalui pemeriksaan kesehatan oleh pihak terkait dan insya allah terbebas dari PMK”.

Ia juga mengingatkan kepada panitia mesjid yang mendapatkan bantuan hewan kurban agar tetap memperhatikan prosedur penyembelihan dan pembagian daging kurban.“Khususnya dalam pengemasan daging kurban dianjurkan untuk menggunakan daun atau plastik bening, yang lebih aman dari pada plastik daur ulang berwarna
gelap”.

SIMAK JUGA :  Raker DPRD Bartim dan Eksekutif Bahas Perubahan Perda No. 2 Tahun 2018

Dengan demikian memperhatikan pandemi covid-19 yang belum sepenuhnya mereda atau berakhir, agar di dalam pelaksanaan kurban masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) yakni, memakai masker dan meminimalisir kerumunan. “Akhir kata dalam sambutan yang disampaikan, kami atas nama mewakili pemprov Kalteng mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah”, pungkas Riza Rahmadi. (Snn).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *