Pemkab Bartim Melaksanakan Upacara Kemerdekaan Republik Indondesia Ke-78 dengan Penuh Khidmat

  • Bagikan

TAMIANG LAYANG – Bupati Kabupaten Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Bupati Bartim, Kamis (17/08/2023).Tema HUT ke-78 RI secara Nasional pada tahun 2023 ini adalah ‘Melaju untuk Indonesia Maju’.

Bupati Bartim hadir bersama Ketua TP-PKK Bartim Ny. Munita Mustika Dewi dan didampingi oleh Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh beserta istri.
Hadir juga pada kegiatan itu Anggota dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bartim, Sekeretaris Daerah (Sekda) Bartim, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bartim, Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) se Bartim, Pimpinan Organisasi Kemasyararkatan di Bartim, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Bertindak sebagai Komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Iptu Abobkim, Kasi Propam Polres Bartim. Ketua DPRD Bartim Nursulistiyo membacakan naskah proklamasi yang pada 78 tahun lalu dikumandangkan proklamator, Ir. Soekarno, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan.

Selanjutnya, pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Sekda Bartim Panahan Moetar.
Selepas itu, Bupati Bartim selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Dan untuk memandu pembacaan doa dilaksanakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Bartim.

Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Bartim.

Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di halaman Kantor Bupati Bartim, Perlu diketahui Pasukan Pengibar Bendera ini adalah putra-putri terbaik Kabupaten Barito Timur yang berasal dari 10 kecamatan.

Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara bahwa rangkaian Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia telah selesai dilakukan menjadi penutup rangkaian upacara.

SIMAK JUGA :  Peringatan HUT Barito Timur Ke 19, Bupati Mengajak Semua Pihak untuk Terapakan Prokes

Selanjutnya pada sore nanti sekira pukul 15.00 WIB kembali akan digelar Upacara Penurunan Bendera Merah Putih juga dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati Bartim.

Usai upacara pengimbaran sang merah putih dilanjutkan dengan penyerahan surat keputusan Kementerian Hukum dan HAM RI tentang pemberian remisi kepada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II/a Tamiang Layang, dan dilanjutkan dengan pemberian piagam dan gelar tanda jasa dan tanda kehormatan RI kepada perwakilan PNS di Bartim yang sudah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. (HY)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *