Pemkab Bartim Kembali Laksanakan Acara Gowes Bersama Bupati

  • Bagikan

Tamiang Layang – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bupati Bartim (Bartim) kembali laksanakan acara gowes bersama Bupati besok pagi, Sabtu (21/01/2023), dimulai pukul 06.30 WIB sampai dengan selesai, star dan finish diambil dari di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Komplek Pelajar Jalan Nansarunai Tamiang Layang.

“Adapun undangan untuk mengikuti acara gowes tersebut, sudah disampaikan Bupati Bartim kepada Kepala OPD, Camat dan Lurah serta ke masyarakat se Kabupaten Barito Timur”.

Sementara dalam surat undangan gowes bersama, Bupati Ampera AY Mebas menjelaskan, kegiatan tersebut mengacu pada peraturan presiden nomor 86 tahun 2021. Sehingga selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo tentang upaya menggelorakan olah raga nasional.

“Olahraga nasional bertujuan menumbuh kembangkan budaya olahraga terkhusus di masyarakat, dan meningkatkan kapasitas sinergisitas serta produktifitas olahraga nasional, memajukan perekonomian nasional berbasis olaharaga,” ucap Bupati, Jum,at (20/01/2023) dalam suratnya bernomor: 005/ 1 /Prokopim/I/2023, tertanggal 19 Januari 2023.

Lanjut Bupati, kegiatan gowes ini dilaksanakan untuk mengisi akhir pekan masyarakat di wilayah Kota Tamiang Layang. Jika seseorang rutin secara berkala bersepeda akan mendapatkan manfaatnya.

“Salah sataunya, meningkatkan kekuatan otot, ketika bersepeda, kita akan mengayuh pedal agar tetap seimbang dan tidak jatuh. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Otot-otot lengan dan kaki kita akan untuk terus bergerak mengikuti irama kaki. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh”.

Kemudian, Mengontrol berat badan, manfaat lain dari bersepeda yaitu dapat mengontrol berat badan agar tetap ideal. Bersepeda membantu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme.

“Menjaga kesehatan jantung, bersepeda termasuk kedalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dalam darah menurun sehingga berefek positif penderita tekanan darah tingg”i.

SIMAK JUGA :  Wabub Pimpin Langsung Apel Peringatan Hari Pramuka Ke - 61 Tahun 2022

Menurunkan risiko depresi, bersepeda memiliki manfaat bagi kesehatan mental, salah satunya menurunkan risiko depresi. Bersepeda secara rutin membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin yang memicu rasa bahagia, menurunkan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan lain.

“Sehingga meningkatkan sistem imun tubuh, manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari bersepeda adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Imun tubuh yang kuat tentu membuat kita jadi lebih sehat dan tidak gampang terserang penyakit”, pungkas Bupati. (Snn).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *