Meriah, Halal bi Halal Perantau Toboh Gadang di Mesjid Raya Toboh Gadang Toboh Mesjid

  • Bagikan

PADANGPARIAMAN (Harianindonesia) : Para Perantau asal Toboh Gadang dari berbagai kota di Indonesia menggelar acara Halal bi Halal bersama tokoh masyarakat dan keluarga besar yang berada di kampung halaman, di Mesjid Raya Toboh Gadang Toboh Musajik, Kecamatan Sintoga, Padang Pariaman, Ahad (30/4/2023). Acara berlangsung meriah.

Halal bi Halal yang bertajuk Ranah dan Rantau dihadiri semua elemen tokoh masyarakat Toboh Gadang antara lain kaum ninik mamak, alim ulama, Wali Nagari dan serta unsur pemerintahan Kecamatan Sintuak Toboh Gadang.

Halal bi Halal juga dihadiri Anggota DPRD Sumbar, Firdaus,SHI dari PKB, tiga anggota DPRD Padang Pariaman asal Toboh Gadang yakni Suryadi Zuhri Ali, ST (FRAKSI PKS),Ir. Munafestoni (Fraksi NASDEM) dan Siswanto dari PPP.

Terlihat hadir Walinagari Toboh Gadang Yasman, Walinagari Tb Gadang Barat Eko Febrianto, Walinagari Tb Gadang Timur Roni Saputra dan Walinagari Tb Gadang Selatan Haris Budiharto, SH, serta Ketua KAN Toboh Gadang Zaidir SPd Dt Rajo Mahadirajo.

Halal bi Halal juga dihadiri langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatribur,SE.MM bersama Camat Sintoga Marsidi, SPd.MM, Kabag Perek dan SDA Mulyadi, SP. MM, Kabid BPBD Padang Pariaman Alkamarahim, SE.

Sebelum memasuki Lokasi acara Halal bi Halal di Masjid Raya Toboh Gadang Korong Toboh Mesjid, para perantau diarak dari simpang Toboh Rimbo Kaduduak dan disambut oleh tokoh masyarakat dan Anggota Dewan Nan Barapek, Wali Nagari Nan Barampek serta Alim Ulama dan Cadiak Pandai di daerah Toboh Gadang.

Dari barisan para perantau terlihat Ketua dan bendarahara IKKATO Jabodetabek, perwakilan perantau dari Bandung, Surabaya, dan sejumlah kota rantau lainnya di Indonesia.

Pimpinan rombongan perantau Mahendra Atmaja, yang juga Ketua IKKATO Jabodetabek, disambut juga dengan kalungan bunga oleh tokoh masyarakat setempat.

SIMAK JUGA :  HUT Korpri ke-52, Sekda Mentawai Ajak Korpri Tingkatkan Netralitas dan Profesionalisme

Menurut Humas IKKATO Alizar Lizaro, Ketua Umum IKKATO Jabedetabek lama, Abuazar Datuak Rangkayo Batuah awalnya direncanakan juga akan menghadiri halal bi halal, namun batal.

Acara halal bi halal diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Qari Qusyairi dari Korong Toboh Koto Panjang dan Saritilawah oleh Puri Handayani dari Korong Toboh Rimbo Kaduduak.

Selanjutnya penyampaian laporan dari Ketua Pelaksana Halal bi Halal Mahendra Atmaja yang menyebutkan bahwa kegiatan dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi antara perantau dan masyatakat di kampung halaman.

Melalui Halal bi Halal diharapkan bisa dibangun rasa kebersamaan dan kekompakan para perantau dengan semua elemen masyarakat di kampuang halaman.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyambut baik penyelenggaraan Halal bi Halal para perantau dan masyarakat Toboh Gadang, karena dapat membangun kekompakan rantau dan ranah dalam membangun kampung halamannya.

Abuazar Datuak Rangkayo Batuah dalam kesempatan terpisah bersama Alijar Lizaro mengatakan bahwa pelaksanaan Halal bi Halal ini, nantinya akan dilanjutkan dengan program pulang basamo para Perantau Toboh dari seluruh Indonesia.

Acara Halal bi Halal berlangsung meriah karena banyak para perantau baru bisa pulang tahun ini karena faktor Covid-19. Acara juga dimeriahkan dengan makan Bajamba yang merupakan cara makan adat di Ranah Minang. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *