Instruktur Daerah POP Lakukan Pendampingan kepada 15 Kepala Sekolah Sasaran

  • Bagikan

Tamiang Layang – Instruktur Daerah Program Organisasi Penggerak (POP) Kabupaten Barito Timur (Batim) melakukan pendampingan kepada Kepala Sekolah dan guru-guru.

“Adapun pendampingan tersebut antara lain, mensosialisasikan instrumen pendampingan kepada Kepala Sekolah sasaran yang telah dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi”.

Hal tersebut dikatakan salah seorang Intsruktur Daerah POP, Sri Mahety, S.Pd saat diwawancara bahwa skenario pendampingan kepada Kepala Sekolah dan guru-guru di 15 sekolah sasaran.

Sri Mahety yang juga Guru SDN 3 Tamiang Layang ini menjabarkan untuk instrumen pendampingan itu ada beberapa poin penting, yakni Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah, Manajerial, Supervisi, Penguatan literasi numerasi, pengembangan karakter dalam konteks kepemimpinan kepala sekolah, kecakapan abad 21 serta digital sekolah.

“Sedangkan untuk guru sasaran ada tiga instrumen, yakni adalah pendampingan penyusunan RPP, pendampingan pelaksanaan pembelajaran dan pendampingan pelaksanaan penilaian”, ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan POP ini menambah pengetahuan guru-guru tentang bagaimana kecakapan guru dalam pembelajaran abad 21, pembelajaran dan penilaian HOTS, Pembuatan RPP Terintegratif, Penguatan Literasi, Numerasi dan Pengembangan Karakter.

Saya berharapan agar guru-guru yang mengikuti kegiatan POP secara umum dan Sekolah sasaran POP secara khusus bisa menerapkan pengetahuan yang sudah di dapat melalui kegiatan POP di satuan pendidikan masing-masing sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kualitas pendidikan, ungkapnya.

Ditempat terpisah, Kepala SDN Longkang, Kariani, S.Pd berterima kasih karena sekolahnya menjadi salah satu sasaran POP Tahun 2021, hal ini sangat mambantu mereka untuk menambah wawasan dalam mempersiapkan proses belajar mengajar.

Senada disampaikan oleh Melinsia, S. Pd dan Yenriani, S.Pd sebagai guru sasaran di SDN Longkang, mereka berdua sepakat merasakan bahwa program ini sangat membantu guru untuk meningkatkan kompetensi profesional mengikuti tuntutan kemajuan sesuai Program Merdeka. Belajar yang menjadi program unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

SIMAK JUGA :  DPRD Gelar Paripurna HUT Kota Payakumbuh ke 51 dengan Khidmat

Kami berharap agar sekolah lain yang berada di Kabupaten Barito Timur mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendampingan dari program ini.

“POP ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dengan melibatkan peran serta Ormas bidang pendidikan, pungkasnya (Snn).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *