Gelar Rapat Paripurna Istimewa, DPRD Bersama Pemerintah Daerah Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

  • Bagikan

Mentawai, harianindonesia.id

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar rapat paripurna istimewa untuk mengikuti siaran langsung pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka hari kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023.

 

Rapat paripurna yang dilaksanakan di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kepulauan Mentawai Yosep Sarogdok, Rabu (16/08/2023).

 

Tampak hadir pada rapat paripurna tersebut Pj. Bupati Kepulauan Mentawai, FernandoJongguran Simanjuntak, unsur pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Saat memberikan kata pengantar, Ketua DPRD Kepulauan Mentawai, Yosep Sarogdok menyampaikan, bahwa setiap bulan Agustus, khususnya setiap tanggal 17, pemerintah Indonesia beserta seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dan yang berada diluar negeri akan mengenang dan merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Disebutkan Yosep Sarogdok bahwa Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo akan menyampaikan pidato dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023.

 

Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini dilakukan secara virtual yang dipancarkan menggunakan 2 layar LCD di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai.

 

Kehadiran Presiden Joko Widodo bersama istri, Iriana Joko Widodo tahun ini menggunakan busana adat Tanimbar Provinsi Maluku.

 

Diawali dengan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 dalam rangka peringatan HUT RI ke-78 yang dipimpin oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Kemudian dilanjutkan dengan sidang bersama DPR-DPD RI yang dipimpin oleh Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti.

 

Pj. Bupati, Ketua DPRD, unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Forkopimda, Kepala OPD dan Camat menyaksikan Sidang Tahunan MPR RI mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI secara seksama mulai dari awal hingga akhir.

 

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yosep Sarogdok mengatakan, sebagaimana diketahui bersama, bahwa dalam setiap tahun menjelang peringatan Kemerdekaan RI, serta telah menjadi kebiasaan politik, Presiden RI berkenan menyampaikan pidato kenegaraan, di depan sidang bersama DPR RI dan DPD RI.

SIMAK JUGA :  Guna Terlaksananya Vaksinasi, BPBD - Damkar Bartim Siapkan Prasarana Bagi Lansia

 

Seluruh Aparatur Pemerintah Daerah dan DPRD, sangat penting mengikuti dan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI tersebut, khususnya dalam mendengarkan berbagai informasi aktual, serta langkah dan kebijakan yang sudah, dan yang sedang serta yang akan dilaksanakan oleh pemerintah.

 

Hal ini agar dapat dijadikan pedoman oleh semua pihak, terutama dalam upaya menyukseskan kebijakan ekonomi daerah, keuangan daerah, prioritas dan sasaran pembangunan daerah, serta program dan kegiatan prioritas daerah lainnya.

 

Selanjutnya Ketua DPRD Mentawai atas nama seluruh unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, atas berbagai atensi dan kehadirannya dalam mengikuti rapat paripurna istimewa DPRD ini.

Selanjutnya Yosep Sarogdog juga mengucapkan selamat memperingati Kemerdekaan RI ke-78.

 

“Saya mengharapkan agar bangsa dan NKRI dapat lebih maju serta lebih aman dan lebih sejahtera lagi, sebagaimana yang diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945,” papar Yosep Sarogdok

 

“Pada kesempatan ini saya mengajak kepada semua pihak untuk kembali merenungkan dan meneladani nilai-nilai kebangsaan dan semangat perjuangan yang diwariskan oleh para pendiri bangsa dan pejuang kemerdekaan, untuk dijadikan sumber inspirasi dan kekuatan bagi semua pihak, khususnya dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan,” imbuh Yosep menambahkan.

 

Selain itu Yosep yang merupakan politisi dari PDIP ini mengajak kepada semua pihak, untuk senantiasa bersatu padu menyukseskan berbagai agenda pembangunan, khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

 

Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraannya menyampaikan Indonesia saat ini punya peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045, meraih posisi jadi 5 besar kekuatan ekonomi dunia.

Kita punya kesempatan dan tidak hanya peluangnya saja, namun strategi meraihnya sudah ada dan sudah dirumuskan.

Tinggal apakah kita mau memfokuskan energi kita untuk bergerak maju atau justru membuang energi kita untuk hal-hal yang tidak produktif, yang dapat memecah belah, bahkan yang membuat kita melangkah mundur.(JJ)

Penulis: JJEditor: Vladimir Amara Husein
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *