Desa Haringin Ditetapkan Sebagai Desa Cantik

  • Bagikan

Tamiang Layang, harianindonesia.id – Desa Haringen Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur hari ini ditetapkan sebagai pilot projects program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) tahun 2022.

“Dimana pilot projects program Desa Cantik tersebut ditetapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Barito Timur bersama Badan Puat Statistik (BPS)”, di ruang rapat Bupati Bartim, Kamis (09/06/2022).

Desa Cantik merupakan program percepatan penguatan statistik sektoral secara nasional yang dilaksanakan pada tingkat pemerintahan terkecil dan sekaligus sebagai salah satu implementasi program satu data Indonesia”.

“Dengan di tetapakannya Desa Haringen menjadi Desa Cantik setelah melalui penilaian yang dilakukan Pemda dan BPS setempat, sehingga Pemda berharap program ini dapat diikuti dengan baik dan secara bertahap akan diikuti oleh seluruh desa di Barito Timur,” ucap Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Bartim, Panahan Moetar, SE, M.Si pada kegiatan sosialisasi Sensus Penduduk (SP) 2020 Lanjutan dan Pencanangan Desa Cantik.

Lanjutnya, dengan hadirnya program Desa Cantik tersebut, desa tidak lagi dianggap sebagai obyek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subyek dan ujung tombak pembangunan.

Adapun kriteria Desa Cantik dimaksut, Kepala BPS Bartim Dzikronah, SST.,M.Si melalui Ketua Panitia Sosialisasi SP Lanjutan dan Pencanangan Desa Cantik Bartim Restu Kristianto, S.Pi mengungkapkan ada delapan kriteria sehingga sebuah desa dapat ditetapkan dan dipilih sebagai Desa Cantik diantaranya. di desa tersebut memiliki sumber daya manusia yang mengelola administrasi desa dan sudah melek teknologi informasi, desa juga telah memiliki sarana teknologi informasi yang sudah memadai dengan dukungan jaringan internet yang bagus.

“Memiliki kesadaran statistik yang baik, sistem pengadministrasian/registrasi desa yang baik, serta jumlah keluarga yang aktif memberikan dukungan terhadap setiap kegiatan statistik cukup banyak”.

SIMAK JUGA :  Agus Rifai PhD : Perpustakaan Sekolah Harus Berani Punyai Konsep Anti Menstrim

Kreteria lainnya sebagai Desa Cantik yaitu memiliki profil data kependudukan dan potensi desa yang ter-update secara kontinyu, membantu dan mendukung kegiatan sensus dan pendataan yang merupakan program nasional dan yang paling penting adalah telah memiliki website/portal untuk melakukan update data statistik dan mempunyai tenaga operasional yang bisa mengelola website/portal/media social, pungkas Restu. (Snn).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *