Bupati Bartim Beserta Istri Hadiri Acara Pagelaran Atraksi Budaya di TMII Jakarta

  • Bagikan

Tamiang Layang – Bupati Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas beserta Istri Ny. Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas menghadiri acara pagelaran atraksi budaya Kabupaten Barito Timur di Anjungan Provinsi Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (03/12/2022.

Bupati Bartim menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur,
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Timur, Kepala OPD lingkup Kabupaten Barito Timur, Pimpinan Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang yang sudah berkenan hadir pada acara Pagelaran Atraksi Budaya Kabupaten Barito Timur di Anjungan Provinsi Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, ucap Ampera dalam sambutannya.

Dikatakan Bupati, kegiatan ini merupakan implementasi dari Surat Edaran Menteri Sekretariat Negara Nomor : B-50/KSN/S/PB.02/01/2022, tanggal 26 Januari 2022 perihal Revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Surat Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nomor : 556/374/II/Disbudpar, Perihal Undangan Pagelaran Seni dan Budaya “Spirit Of Kalteng” Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah di Anjungan Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Dijelaskan Ampera, Pemerintah Kabupaten Barito Timur pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olaharga telah menganggarkan Dana kegiatan Rejuvenasi Stand Kabupaten Barito Timur di Anjungan Provinsi Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) meliputi penataan dan pengadaan alat Kebudayaan yang saat ini telah rampung dikerjakan.

Selain itu, Bupati Ampera juga menyiapkan anggaran untuk Tim Pagelaran Atraksi Budaya Bartim di Anjungan Provinsi Kalteng TMII Tahun 2022 sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan untuk mempromosikan, melestarikan seni dan budaya warisan leluhur Barito Timur.

Menurut Ampera, keindahan seni dan budaya di Bartim merupakan dasar untuk mengembangkan wisata budaya yang unik dan mencerminkan tradisi dan kearifan local. Hal itu, merupakan salah satu sektor pariwisata yang sangat diminati oleh para wisatawan-wisatawan.

SIMAK JUGA :  Pastikan Bangunan Miliki IMB, Tim DPM-PTSP Bartim Lakukan Inspeksi Lapangan

Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olaharga terus berupaya meningkatkan pengelolaan kepariwisataan yang mengedepankan nilai-nilai luhur dan kebudayaan bangsa, nilai-nilai keagamaan, serta kelestarian dan mutu lingkungan hidup.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Barito Timur Gumi Jari Janang Kalalawah nantinya,” ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Ampera menyerahkan cinderamata kepada Kepala Badan Penghubung Provinsi Kalteng di Anjungan Provinsi Kalteng TMII Jakarta.

Kemudian, Bupati memapaparkan beberapa terobosan peningkatan sarana dan prasarana (Sapras) kepariwisataan terus dilakukan, baik dari anggaran Pemerintah Daerah maupun bekerjasama dengan perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Barito Timur diantaranya Pembangunan dan Pemeliharaan Lewu Hante Taniran, Desa Wisata Pasuha Pulau Patai, Tahura Anggrek PAMA Magaram Persada Desa Siong maupun akses jalan menuju beberapa destinasi wisata air terjun yang ada di Kabupaten Barito Timur.

“Semua upaya ini dilakukan untuk pendukung meningkatkan kesejahteraan pengelola wisata yang ada pada khususnya dan masyarakat Baritim umumnya”, pungkas Ampera. (Snn).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *