Beranda SERBA - SERBI BUMDES Maju Mandiri optimis, Targetkan Laba 600 Juta Di 2020

BUMDES Maju Mandiri optimis, Targetkan Laba 600 Juta Di 2020

GUNUNGKIDUL, harianindonesia.id –
Desa terus melakukan pembenahan secara ekonomi, dorongan pemerintah pusat dengan cara mengelontorkan dana milyaran rupiah di rasa sudah sangat tepat untuk merangsang tumbuh kembangnya ekonomi desa uang berbasis kerakyatan.

Badan usaha milik desa (BUMDES) menjadi rangkaian yang tak dapat di pisahkan dari keberadaan dana desa, keberadaan BUMDES dapat memutar perekonomian dan menciptakan peluang usaha baru. hal ini menjadi tampak nyata seperti yang di lakukan BUMDES Maju Mandiri Desa Bejiharjo, Direktur BUMDES Saryanto yang di temui media, Kamis (6/2/2020) mengatakan dengan terbentuknya BUMDES Maju Mandiri geliat perekonomian warga masyarakat Desa Bejiharjo mulai melihatkan kemajuan.

“Memang ada sebuah pergeseran pola kerja, yang semula masyarakat hanya mengandalkan penghasilan Deri bercocok tanam saat ini masyarakat sudah mulai merambah ke dunia pelayanan pariwisata,” katanya.

Desa Bejiharjo salah satu desa yang terletak di Kecamatan Karangmojo memang memperlihatkan kemajuan tingkat perekonomian masyarakat nya semenjak di bulannya distinasi wisata Goa Pindul, dari Goa Pindul ini lah BUMDES Maju Mandiri mengembangkan sektor usaha yang lainnya.

Saryanto menambahkan BUMDES Maju Mandiri yang telah bergerak empat tahun silam ini sudah memiliki laba mencapai 458 juta untuk tahun 2019, dari dana laba ini pula lah BUMDES Maju Mandiri terus mengembangkan usahanya yang berbasis kerakyatan, diantaranya simpan pinjam, pengolahan sampah terpadu, pembangunan kios pasar, dan pengembang distinasi wisata baru.

“Dari keuntungan BUMDES ini kami juga mulai mengangkat perekonomian masyarakat yang kurang mampu dengan memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan sehingga mereka mampu menghasilkan sesuatu yang nantinya produk nya dapat di pasarkan melalui BUMDES Maju Mandiri ini,” tambahnya.

Ia berharap BUMDES Maju Mandiri yang di kelolanya akan membentuk unit usaha kemitraan mandiri yang pendanaannya dipinjamkan dari BUMDES Maju Mandiri itu sendiri, ia pun menargetkan untuk laba BUMDES Maju Mandiri tahun 2020 di targetkan minimal 600 juta.

BACA JUGA :  Gempa Darat 5,7 SR Guncang Lebong Bengkulu

(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here