Anjungan Provinsi Kalteng TMII Terguncang oleh Tim Tari Barito Timur

  • Bagikan

Tamiang Layang – Anjungan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, di guncang oleh penampilan Tim Tari Kabupaten Barito Timur (Bartim) Sabtu (03/12/2022).

“Karena penampilan Tim Tari dari Kabupaten Barito Timur sangat memukau dan menyita perhatian penonton yang hadir. Pengunjung yang menyaksikan seakan tak berkedip melihat tarian yang begitu unik. Sehingga mereka pun tak beranjak sebelum pagelaran tarian usai”.

Dimana, pagelaran dimulai dengan tarian pembuka yaitu “wadian dadas ginsi langit dan tumet leut”. Kemudian dilanjutkan dengan tarian puncak upacara ritual “wadian dayak Barito Timur Ngananuang”, “Ngatatungkal Indonesia Naru Sapu” dan “Mambadil Bulau”, serta diakhir tarian “Nangai Gunung Perak”.

“Kepala Disbudparpora Kabupaten Barito Timur Dra. Herawani, MM kepada beberapa wartawan mengatakan bahwa seluruh Tim Tari Barito Timur ikut menari Nangai Gunung Perak. Tidak ketinggal juga Bupati Barito Timur beserta istri, Forkompinda, Kepala OPD, dan semua undangan ikut menari bersukacita dan bergembira,” ucapnya.

Herawani mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Timur menjelaskan, semua orang yang hadir menyaksikan pagelaran itu nampak terlihat hanyut dalam alunan musik tradisional yang khas tersebut.

“Semuanya ikut menari dengan tarian wadian bawo, wadian dadas, tarian bahalai dan tarian giring-giring sambil mengelilingi gunung perak,” ungkanya.

Adapun, keberhasilan Tim Tari Kabupaten Barito Timur membius penonton yang hadir, menandakan suksesnya pagelaran yang dilakukan oleh Tim Tari Kabupaten berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah ini, pungkas Herawani. (Snn).

SIMAK JUGA :  Bupati Bartim Meminta Perkuat Fungsi Satgas Sampai Ketingkat Desa
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *