Wako Solok Kumpulkan Semua OPD, Ambil Langkah Antisipatif Covid -19

  • Bagikan

RAPAT OPD – walikota Solok H. Zul Elfian memimpin Rapat Kordinasi Antisipasi Covid -19 bersama OPD di Balaikota Solok, Selasa (17/03).

Kota Solok, Sumbar, Harianindonesia.id – Pemerintah Kota Solok meningkatkan kesiagaan dalam mengantisipasi meluasnya virus Corona ke daerah tersebut.

Walikota Solok H. Zul Elfian, Selasa (17/03) mengumpulkan semua Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD)nya di Balaikota Solok, guna membahas dan merumuskan langkah langkah antisipasi Covid -19 di kota beras ternama di Sumbar itu.

Walikota Solok H. Zul Elfian, dalam kesempatan itu mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada, serta tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan prilaku hidup sehat dan bersih seperti mencuci tangan sebelum makan, mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, melakukan aktifitas fisik teratur dan banyak istirahat.

Kemudian apabila terjadi gejala demam, batuk, filek, gangguan pernapasan, sakit tenggorakan dan segala macamnya, segera laporkan kepada pihak kesehatan terdekat.

Wako Zul Elfian juga meminta pihak Rumah Sakit dan Puskesmas agar melakukan pengamatan terhadap kasus pneumonia yang terjadi. “Dan apabila menemukan gejala tersebut agar pihak Rumah Sakit dan Puskesmas segera melaporkan melalui Dinas Kesehatan Kota Solok, atau melalui Whatsapp atau telpon kepada penanggung jawab surveilan Kota Solok,” harapnya.

Kepada semua pihak, Wako Zul Elfian, juga meminta agar berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Solok, sebelum membuat pernyataan-pernyataan terkait dengan pasien-pasien yang menunjukan tanda-tanda terjangkit wabah Covid-19.

Walikota Solok Zul Elfian menyatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi Walikota Solok, Forkopimda dengan seluruh Kepala OPD, Camat, Lurah dan Stakeholder di Pemerintah Kota Solok didapat kesepakatan terkait kewaspadaan dan kesiapsiagaan Penanggulangan Covid-19 di Kota Solok.

Walikota Solok Zul Elfian menekankan, seluruh Kepala OPD, Camat serta Lurah turut aktif dalam melakukan sosialisasi tentang kewaspadaan Covid-19, di OPD masing-masing dan masyarakat di Kota Solok.

SIMAK JUGA :  Menghormati Orang Berpuasa, Kapolres Padangsidimpuan Bagi-bagi Takjil

Walikota menegaskan, kepada seluruh Tim yang terhimpun dalam gugus tugas yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Walikota Solok untuk turut aktif dalam percepatan penanggulangan Covid-19.

“Dan seluruh tim diminta untuk tetap melakukan koordinasi dengan gugus tugas, terkait perkembangan Covid-19 di jajaran Pemerintah Kota Solok,”jelasnya.

Selanjutnya, kata Zul Elfian, khusus untuk jajaran Dinas Pendidikan di Kota Solok diminta untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada seluruh jajaran siswa, terutama budaya cuci tangan dengan sabun, makan makanan yang sehat dan bersih.

Sehubungan dengan banyaknya masjid yang ada di Kota Solok, Walikota meminta dilaksanakan desinfeksi terhadap seluruh masjid tersebut.

Kepada kader jumantik, Walikota Zul Elfian mengajak untuk mengaktifkan PHBS di rumah. Dan kepada dinas terkait, camat serta lurah untuk menginventarisir lokasi yang rawan dengan masalah kesehatan. “Langkah terpadu, terarah dan efektif diperlukan dalam menangani masalah yang timbul terkait permasalahan covid-19 yang mendunia sekarang ini,”ujarnya (*)

Roni
Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *