Perkumpulan Penulis SATUPENA Hadirkan Paman Gery dalam Diskusi Dongeng Anti Boring

  • Bagikan

HARIANINDONESIA.ID – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi bertema Dongeng Anti Boring Bersama Paman Gery.

Obrolan Hati Pena #112 tentang dongeng itu akan berlangsung di Jakarta, pada Kamis 30 November 2023, pukul 19.00-21.00 WIB.

Pembicara pada diskusi tentang dongeng anti boring itu adalah pendongeng Paman Gery atau Gery Saleh Melawadi.

Panitia diskusi menyatakan, literasi Indonesia dalam kondisi jeblok. Tidak ada perdebatan soal itu. Di sisi lain, persoalan baru yang muncul dan sangat mengkhawatirkan para orang tua saat ini adalah soal kesehatan mental.

Publik cukup tahu tentang ini. Bahkan sudah paham penyebabnya: disrupsi digital dan segala ikutannya. Namun bagaimana menjawabnya? Inilah yang harus terus dicari.

Salah satu jawaban muncul dari negara mapan, Swedia. Di Swedia, guru-guru mulai mendorong kembali memakai buku cetak, menulis tangan, dan membatasi menggunakan perangkat elektronik.

Pembelajaran tradisional ini dijalankan sebagai langkah untuk mengurangi pendidikan digital di antara anak-anak usia dini di Swedia.

Indonesia memiliki dongeng, satu tradisi yang juga perlahan meluntur, tergusur dongeng dan komik digital. Dongeng adalah suatu media pengenalan literasi kepada anak semenjak usia dini.

Kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan literasi dan imajinasi anak serta mempererat hubungan emosional orang tua dan anak.

Dongeng adalah cerita penting bagi masa kecil anak. Kisah-kisah ini lebih dari sekadar pengantar tidur. Ini juga bisa memberikan pelajaran moral yang nyata, melalui karakter dan kebajikan yang ada dalam cerita.

Dongeng tidak hanya memikat imajinasi anak-anak, tetapi juga meningkatkan kreativitas dan keterampilan penalaran mereka. Seorang anak belajar banyak hanya dengan mendengarkan kisah-kisah menakjubkan ini. Itulah juga yang menciptakan ikatan khusus antara orang tua dan anak.

SIMAK JUGA :  DPRD kota Payakumbuh Rapat Paripurna Sambut Ultah kota Payakumbuh

Paman Gery sejak 1991 menggeluti dunia dongeng. Ia setia menghadirkan ratusan dongeng yang ramah anak.

Menurut pendiri Teman Cerita ini, melalui dongeng juga bisa menanamkan pendidikan karakter sekaligus kebahagiaan bagi anak-anak.

Gery juga adalah salah satu pemimpin di Federation of Asian Storytellers (Feast). Bagi Gery, seharusnya ke depan sudah tidak ada lagi pendongeng, karena setiap orang tua harus “mampu” mendongeng untuk anak-anaknya.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena112. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan. (K) ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *