Lantamal II Padang Salurkan Lagi Bantuan Alat Tenun bagi Warga Maritim Sungai Pisang

  • Bagikan

PADANG – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut atau Lantamal II Padang menyalurkan bantuan alat tenun bagi warga Sungai Pisang Padang, Sumatera Barat.

Pilihan bantuan alat tenun ini sebagai upaya mendukung pengembangan ekonomi masyarakat setempat dari basis non maritim.

“Ekonomi masyarakat maritim harus diperkuat dari sektor luarnya, sehingga nantinya akan terjadi perkuatan dan saling mendukung. Jadi kesejahteraan masyarakat maritim bisa terus berkembang,” kata Danlantamal II Laksma Hargianto, SE,MM,MSi (Han) usai penyerahan bantuan alat tenun kepada masyarakat Sungai Pisang, Padang, Kamis (23/9/2021).

Bantuan peralatan alat tenun sebanyak enam set ini merupakan hasil kolaborasi antara Lantamal II Padang dengan Bank BRI Cabang Padang.

Penyerahan bantuan ini dilakukan secara seremoni di Mako Lantamal II Padang, Teluk Bayur Padang.

Penyerahan alat tenun dihadiri Wadanlantamal Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi.S.E.,S.H.,M.M., Ny Santi Hargianto Ketua Korcab II DJA I, PJU, Ka Akun dan pengurus Jalasenastri Korcab II DJA I serta Kepala Cabang Bank BRI Zulherman Isfia dan dari masyarakat Sungai Pisang diwakili Ibu Nur.

Menurut Hargianto, kawasan maritim Sungai Pisang merupakan binaan dari Lantamal II Padang.

Desa Sungai Pisang merupakan salah satu desa yang terletak di Selatan Kota Padang, tepatnya di Kelurahan Teluk Kabung Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Total penduduk Sungai Pisang berjumlah 2.532 jiwa yang dibentuk oleh 450 kepala keluarga (KK). Sebagian besar penduduknya beragama Islam.

Menurut Hargianto yang menjadi center of grafity-nya masyarakat Sungai Pisang adalah bagaimana mengembangkan UMKM secara masif dan menjadi anak angkat BUMN sebagai salah satu ajang promosinya.

“Andaikan Sungai Pisang ada 100 unit lagi alat tenun. Maka akan menjadi salah satu nagari penghasil tenun yang bercorak pesisir,” kata Jenderal bintang Satu TNI AL ini.

SIMAK JUGA :  Pengukuhan Asosiasi UMKM Samudra Indonesia

Tetapi sayang, sampai hari ini jumlah alat tenun yang dimiliki masyarakat Sungai Pisang baru ada 11 set. Dengan adanya tambahan enam set dari BRI Cabang Padang maka total alat tenun di Sungai Pisang sudah sebanyak 17 set.

Komandan Lantamal II Padang ini berharap masyarakat Sungai Pisang bisa memproduksi tenunannya secara baik sehingga nantinya akan dilirik oleh perusahaan besar lainnya dan dapat dijadikan anak angkat oleh mereka. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *