Diskusi SATUPENA, Paman Gery: Selama Kehidupan Masih Ada, Penceritaan akan Terus Berjalan

  • Bagikan
Ilustrasi mendongeng. (Bimba AIUEO)

HARIANINDONESIA.ID – Penceritaan atau storytelling itu adalah sesuatu yang menandakan hidup. Pendongeng atau pencerita itu cuma wadahnya. Jadi selama kehidupan itu masih ada, storytelling ini akan terus berjalan.

Hal itu dinyatakan oleh pendongeng Paman Gery atau Gery Saleh Melawadi selaku pembicara dalam diskusi bertema Dongeng Anti Boring Bersama Paman Gery di Jakarta, Kamis malam, 30 November 2023.

Diskusi yang menghadirkan Paman Gery itu diadakan oleh Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA, yang diketuai Denny JA.

Paman Gery menuturkan, storytelling ini akan terus berjalan. Hanya medium yang bisa berganti sesuai perkembangan era dan zaman tertentu.

“Kalau zaman dulu mungkin mediumnya masih mengukir di batu buat bercerita. Sekarang mungkin lewat layar di smartphone,” ujarnya.

Gery menjelaskan, storyteller, pendongeng, atau pencerita adalah seorang penutur, yang menyampaikan satu cerita lewat kemampuan indra berbicaranya.

“Tetapi di balik itu, ada pesan yang tersampaikan lewat indera bicara itu kepada pendengar atau audiens, dalam bentuk penceritaan, dalam batas waktu atau durasi tertentu,” tambahnya.

“Sama seperti penulis membuat buku, dengan jumlah halaman tertentu, jumlah huruf atau kata tertentu,” kata Gery.

Gery mengungkapkan, ternyata juga masih banyak persepsi yang keliru. Orang tua yang ingin memanggil pendongeng untuk pesta ulang tahun anaknya, yang dipanggil adalah tukang sulap, badut, yang membuat suasana pesta lucu atau menyenangkan.

“Tetapi bagi mereka masih aneh jika saya mengatakan: Ibu, saya tidak akan melakukan sulap, atau mengeluarkan kelinci dari kantong baju saya. Saya juga tidak akan berakrobat. Tetapi saya akan bercerita,” kata Gery.

Gery mengungkapkan, dilihat dari sejarah, mendongeng adalah seni pertunjukan pertama. Pada waktu itu mungkin belum ada tari-tarian, belum ada alat musik, atau instrumen yang bisa dipakai untuk suatu penampilan seni.

SIMAK JUGA :  Peringati Hut ke-72, PGRI Koting Donor Darah untuk Sesama

“Bercerita adalah art performance pertama, ketika manusia berbicara di depan kumpulannya di gua, atau di depan komunitasnya,” kata Gery.

Menurut pendiri Teman Cerita ini, melalui dongeng juga bisa menanamkan pendidikan karakter sekaligus kebahagiaan kepada anak-anak.

Gery juga adalah salah satu pemimpin di Federation of Asian Storytellers (Feast). (K) ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *