PROF DR ASRINALDI : Pemilih Sumbar Bisa Berpindah ke Ganjar karena Sosok Mahfud MD

  • Bagikan

FOTO Ilustrasi saat Presiden Jokowi, Menhan Prabowo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo jalan bareng di pinggir sawah. Pengamat Politik Unand Asrinaldi menyebut, kehadiran Mahfud MD di Pilpres 2024 bisa menggerus suara Prabowo, termasuk di Sumbar (foto : kredit)

JAKARTA, HARIANINDONESIA.ID

Munculnya sosok bertalenta Mahfud MD yang dikenal dengan visi kerakyatan dan kebangsaan yang kuat, berpotensi memindahkan pemilih Prabowo kepada Ganjar Pranowo, termasuk di Propinsi Sumatera Barat.

Guru Besar Politik Universitas Andalas Padang Profesor DR Asrinaldi menyebutkan potensi penggerusan suara tersebut memungkinkan terjadi karena pemilih merindukan sosok pemimpin yang memiliki visi kerakyatan dan komitmen kebangsaan yang kuat.

“Pak Prabowo dulu berhasil memicu dukungan rakyat Sumbar karena sosoknya yang tampil sebagai negarawan. Tetapi kini muncul tokoh berlatar sama Mahfud MD yang diperkirakan bisa memindahkan suara Prabowo kepada Ganjar Pranowo,” kata Asrinaldi kepada Harianindonesia.id, Sabtu (21/10/2023) malam.

Selain faktor Mahfud, Prabowo juga berhadapan dengan penilaian pemilih Sumbar terhadap perubahan sikap Prabowo yang mengalah dan menjadi anggota kabinet Jokowi.

Diluar itu, Prabowo juga berkemungkinan kehilangan suara di Sumbar akibat memerima Gibran, putra Jokowi menjadi calon wapresnya. Sebab sampai hari ini persepsi mayoritas pemilih di Sumbar belum berubah terhadap Jokowi.

Dari dua kali Pilpres, Jokowi selalu kalah di Sumbar. Pada Pilpres terakhir suara Jokowi malah makin anjlok.

Menurut Pengamat Politik Unand ini, kecenderungan masyarakat memilih calon pemimpin dengan style seperti Prabowo dan Mahfud sangat tinggi. Sebab mereka membutuhkan sosok pemimpin yang punya sikap tegas, integritas moral, visi kerakyatan dan komitmen kebangsaan.

Prabowo berhasil memenangkan Pilpres di Sumbar karena merupakan antitesa dari figur Jokowi. Prabowo lebih bersemangat dan diterima oleh masyarakat Sumbar.

SIMAK JUGA :  Projo Pertanyakan Keseriusan Pembangunan Tol Padang - Pekanbaru, Husni : Harus Ada Kepastian Sebelum Jokowi Berakhir

Namun dengan munculnya sosok Mahfud MD yang dinilai lebih teken dan jelas sikap dan integritasnya, meski masih menjabat Menkopolhukam, akan membawa pengaruh besar terhadap sikap pemilih terhadap pasangan Ganjar – Mahfud.

“Saya punya feeling suara Prabowo akan tergerus oleh pemunculan sosok Mahfud MD. Sebab setahu saya pak Mahfud itu diterima oleh masyarakat Sumbar, jauh sebelum Pilpres,” papar Asrinaldi lagi (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *