Presiden Puji Balap Perahu F1 Power Boat di Danau Toba : Ini Dony juga yang Buat?

  • Bagikan

Presiden Jokowi menyerahkan trofi F1H2O kepada pemenang, Minggu (26/2/2023), di Danau Toba, Sumut. (Foto: BPMI Setpres)

BALIGE (Harianindonesia.id) – Presiden Jokowi memuji penyelenggaraan dan keindahan lokasi Ajang Balap Perahu F1 Power Boat yang untuk pertama kalinya digelar di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023).

Presiden Jokowi didampingi Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan berdialog dengan Direktur Utama InJourney Dony Oskaria (jaket merah). Injourney adalah konsultan yang mempersiapkan konsep balap perahu internasional di Danau Toba (foto : BPMI Setpres)

Sejak dari awal tiba di kawasan lomba balap perahu skala internasional ini bersama Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi sudah menunjukan sukanya terhadap arena lomba yang sudah disulap oleh Tim InJourney pimpinan Dony Oskaria.

“Ooo ini pak Dony juga yang buat?” ungkap Presiden Jokowi kepada Direktur Utama InJourney Dony Oskaria yang mendampingi Presiden bersama Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di venue utama lomba balapan.

Menurut Presiden yang mengaku untuk pertama kalinya menyaksikan balapan F1H2O, menilai gelaran ini sebuah ajang internasional yang sangat menarik untuk disaksikan.

“Ya saya bicara apa adanya ya, ini sebuah event yang sangat seru dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media selepas acara.

Ajang seperti F1 Powerboat, kata Presiden, dapat membangun jenama dari daerah yang menyelenggarakannya serta memacu pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

“Kita harapkan event-event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah. Di sini, di Danau Toba ada F1 Powerboat, nanti di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula E, nanti di Mandalika ada Superbike, saya kira ini akan men-trigger ekonomi di daerah. Sangat bagus,” ujarnya.

SIMAK JUGA :  Rezka Oktoberia Tinjau Pembangunan Saluran Irigasi Beberapa Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota

Sementara itu, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, saat berdialog dengan Presiden Jokowi menyebutkan bahwa suksesnya iven ini berkat dukungan Presiden dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketua DPR RI Puan Maharani serta Panglima TNI, Kapolri, dan Gubernur Sumatera Utara.

“Iven ini menjadi seri perdana F1 PowerBoat di air tawar Danau Toba, Pak Presiden. Semuanya ini tidak lepas dari spirit kolaborasi dan sinergistas yang Bapak Presiden canangkan selama ini,” ujar Dony.

Dony juga mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang kerja total baik selama persiapaan maupun selama race F1 Powerboat berlangsung sejak Jumat sampai Minggu ini.

“Terspesial rasa bangga ke masyarakat. Terus terang masyarakat Balige dan Toba luar biasa. Terima kasih atas supportnya selama ini sehingga kita mampu gelar iven internasional,” ucap tokoh nasional asal Sumbar ini.

Bartex Juara

Dalam balapan tersebut, Bartek Marszalek dari tim Strømøy Racing F1H2O, yang mengawali lomba dari posisi terdepan (pole position) berhasil meraih juara pertama. Ia berhasil mengalahkan Sami Seliö dari tim Sharjah yang harus puas finis di posisi kedua.

Sementara itu, Eric Stark dari tim Victory meraih posisi ketiga. Adapun juara bertahan Shaun Torrente dari tim Abu Dhabi harus puas finis di posisi ke-10.

Dengan capaian tersebut, Bartek Marszalek yang berasal dari Polandia berhasil mengantongi 20 poin dan duduk di puncak klasemen sementara F1H2O musim balap 2023. Sementara Sami Seliö dan Eric Stark berada di posisi kedua dan ketiga dengan nilai masing-masing 15 dan 12 poin.

Presiden Jokowi menyerahkan langsung trofi kepada juara di podium. (*)

Sumber : Rilis
Editor : Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *