Ganjar Akui Dukungan Ribuan Pensiunan ASN dan TNI-Polri, Jadi Energi Menguatkan di Pilpres 2024

  • Bagikan

Capres Ganjar Pranowo menerima dukungan dari 10.000 Pensiunan ASN, TNI dan Polri di Surabaya, Sabtu (13/1/2024). Ganjar mengaku terharu dan mengakui dukungan ini menjadi energi memenangkan Pilpres 2024. (Foto : TPNGM)

SURABAYA, Harianindonesia.id –

Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, mengaku terharu sekaligus berterima kasih atas dukungan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN), purnawirawan TNI dan Polri kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk berlaga pada Pilpres 2024, yang akan digelar 14 Februari 2024.

“Pertama-tama, saya ingin menyampaikan terima kasih. Banyak sekali purnawirawan TNI dan Polri, baik perwira tinggi, menengah, maupun yang pada level di bawahnya, termasuk para pensiunan ASN, ada dari Kejaksaan, ada dari Guru. Kami sampaikan terima kasih,” kata Ganjar saat bersilaturahmi dengan jajaran pensiunan ASN dan purnawirawan TNI-Polri se Provinsi Jawa Timur di Stadion Bola Basket DBL Arena, Surabaya, Sabtu (13/1/2024).

Ganjar mengungkapkan, di tengah situasi Pemilu, di mana pendukung pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 3, kerap diintimidasi bahkan mengalami kekerasan, dukungan purnawirawan TNI-Polri serta pensiuan ASN sangat menguatkan.

“Menurut saya ini bagian dari energi yang menguatkan, sekaligus mengharukan. Di tengah situasi orang-orang mau mengekspresikan diri tidak gampang, mereka berani membuka ini di Surabaya,” ujar Ganjar.

Capres berambut putih itu menyampaikan dukungan yang diberikan purnawirawan TNI – Polri, dan pensiunan ASN semakin mempertebal optimisme Ganjar-Mahfud menghadapi kontestasi Pemilu 2024.

“Tentu, ini energi yang sangat luar biasa, kita makin optimistis. Dan, saya senang karena komplit, ada TNI dari seluruh matra lengkap, Polri, dan ASN. Ini lah yang kami harapkan betul membantu kami untuk menuntaskan tugas sampai di 14 Februari. Kami berterima kasih, dukungannya luar biasa,” ungkap Ganjar.

Dia mengaku, sempat mendengar informasi dari para purnawirawan TNI-Polri bahwa ada perintah untuk tidak hadir memberikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud. Namun, mereka tetap bertekad hadir dan mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 3.

“Tadi, saya dengar cerita, ada yang menyampaikan mereka enggak usah datang. Gitu. Tapi luar biasa. TNI dan Polri dididik, dilatih untuk berani. Kalau cuma intimidasi seperti itu, enggak ada yang takut. Maka datanglah mereka semuanya di sini,” tutur Ganjar.

Yang membuat terharu, para purnawirawan TNI – Polri dan pensiunan ASN mengatakan, bertekad hadir karena semangat yang digaungkan lewat lirik lagu “Jangan Gentar Ada Ganjar, Jangan Takut Ada Mahfud”.

Ganjar mengatakan, dukungan para purnawirawan TNI-Polri dan pensiunan ASN tentu saja, menjadi kekuatan untuk menangkal tekanan-tekanan mungkin diterima para pendukung Ganjar-Mahfud.

“Beliau-beliau ini, orang yang punya pengalaman di birokrasi yang cukup panjang, di masing masing bidangnya. Tentu, mereka akan tahu bagaimana cara mengantisipasi dan kami perlu untuk berkolaborasi sehingga kita bisa melakukan dengan cara-cara yang benar. Sekali lagi, dengan cara-cara yang benar,” kata Ganjar.

Melawan Tekanan

Ganjar menjelaskan, pasangan Nomor Urut 3 bersama para pendukung dan relawannya akan melawan setiap bentuk tekanan, intimidasi, hingga kekerasan.

Seluruh partai pendukung, para relawan serta Tim Pemenangan menyatukan kekuatan dan semakin solid menjelang Pemilu 2024, yang akan berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

SIMAK JUGA :  Ketua DPR Komentari Test PCR Syarat Naik Pesawat, Puan : Kenapa Ketika Covid-19 Banyak Test Antigen Boleh?

“Kalau mereka menekan, kami juga akan melawan, dengan cara yang benar. Maka pasukan kami kita siapkan, kita solidkan kekuatan dengan masyarakat, kita rapihkan, dan kami akan berangkat bersama sama untuk menuju kemenangan,” ujar Ganjar.

Menariknya, ujar Ganjar, dari 19 jenderal yang hadir memberikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud, ada mantan Sekjen Kementerian Pertahanan (Kemenhan), yakni Agus Setiadji.

“Nah ini orangnya (kata Ganjar sambil menunjuk Agus Setiadji). Ini Pak Agus, pernah jadi Sekjen Kemenhan dan bergabung. Bahkan, sekarang menjadi caleg. Beliau punya banyak sekali ilmu dan tentu, ini menjadi begitu penting buat kami untuk bisa menyiapkan lebih baik lagi bagaimana sistem pertahanan ke depan,” tutur Ganjar.

Tongkat Komando 

Dalam acara ini, Ganjar Pranowo juga menerima tongkat komando dari 19 Jenderal. Diantaranya adalah mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Surojo Bimantoro, Marsekal Tni (Purn) Agus Supriatna, Komjen Pol (Purn) Gatot Edi Pramono, Irjen Pol (Purn) Ansyaad Mbai, Komjen Pol (Purn) Drs. Gregorius Gories Mere, Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar, Laksamana Madya Tni (Purn) Agus Setiadji, Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan dan belasan jenderal lainnya.

Ganjar menerima tongkat komando yang diberikan oleh mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Surojo Bimantoro.

Tongkat komando adalah simbol kepercayaan untuk memimpin masyarakat. Teriakan Ganjar Presiden dan lagu ‘Terpesona’ pun menggema di gedung berisi puluhan ribu massa itu.

“Terpesona aku terpesona, memandang memandang wajahnya Ganjar Mahfud. Ganjar Presiden! Anak polisi harus dukung anak polisi,” teriak para jenderal dan puluhan ribu masyarakat yang hadir dalam acara itu.

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyampaikan terimakasih atas dukungan yang diberikan para jenderal dan purnawirawan aparatur negara padanya. Dukungan itu disebut Ganjar sebagai energi untuk menenangkan kontestasi.

“Dukungan ini merupakan energi yang luar biasa yang membuat kita semakin optimis bertarung dalam Pilpres 2024 sampai 14 Februari nanti,” ucapnya.

Dukungan para jenderal dan purnawirawan aparatur negara ini lanjut Ganjar juga penting untuk menangkal tekanan yang diterima pihaknya dari lawan politik.

Dengan sejumlah jenderal yang ada di sampingnya, Ganjar mengajak semua masyarakat tidak takut untuk melawan jika mendapat tekanan.

“Tentu dukungan ini untuk menangkal tekanan yang terjadi. Beliau-beliau punya pengalaman di bidangnya masing-masing dan mereka tahu cara mengantisipasi setiap tekanan. Sehingga, kalau ada yang menekan, kita akan melawan dengan cara yang benar,” pungkasnya.

Mantan Kapolri, Jenderal Surojo Bimantoro mengatakan, ia mantap mendukung Ganjar karena yakin Ganjar akan membawa Indonesia lebih baik. Selain itu, Ganjar juga seorang anak polisi.

“Jadi saya pasti dukung, semoga menjadi presiden dan membawa Indonesia menjadi lebih baik. Kami bersama pak Ganjar,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Laksamana Madya Tni (Purn) Agus Setiadji. Mantan Sekjen Kemenhan era Prabowo Subianto itu mantap mendukung Ganjar karena menilai Ganjar adalah yang terbaik untuk Indonesia.

“Saya nyaman dengan Ganjar Mahfud, dan saya menilai Ganjar Mahfud adalah paket lengkap yang terbaik dibanding calon lain,” ucap Agus. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *