Beranda BERITA UTAMA BMKG Prediksi Manado Diguyur Hujan, 2.523 Jiwa Terdampak Banjir dan Longsor

BMKG Prediksi Manado Diguyur Hujan, 2.523 Jiwa Terdampak Banjir dan Longsor

MANADO, harianindonesia.id – Badan SAR Nasional (Basarnas) Manado, Sulawesi Utara melansir, hingga Jumat (01/02/2019) pukul 23.38 Wita, sebanyak 2.523 jiwa terdampak banjir dan tanah longsor di Kota Manado,

Humas Basarnas Manado Feri Aryanto menyatakan, data sementara dampak banjir dan tanah longsor di Kota Manado,1 Februari 2019, ada 8 kecamatan, 23 kelurahan, 737 kepala keluarga, dan 2.523 jiwa dan korban meninggal ada 3 orang.

“Dua meninggal dunia karena longsor, dan satu orang meninggal dunia karena hanyut dan sudah ditemukan. Itu tadi data dari BPBD,” ujar Feri.

Menurut dia, saat ini di beberapa lokasi yang terjadi banjir, air mulai surut perlahan.

“Tim tetap standby apabila ada laporan-laporan minta evakuasi dan akan langsung bergerak,” kata dia.

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas sedang masih akan terjadi hingga Sabtu (02/02/2019) pukul 02.00 Wita dini hari.

“Iya, hujan hingga pukul 02.00 Wita. Namun, tidak semua yang terdampak. Hanya beberapa wilayah,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado Cariz Kainama, dilansir harianindonesia.id dari Kompas.com.

Dia mengatakan, hujan sedang berpotensi terjadi di empat wilayah.

“Manado, Tomohon, Minahasa, dan Minahasa Utara. Itu wilayah-wilayah yang berpotensi hujan sampai jam 2 pagi nanti. Setelah itu berawan,” ujarnya.

“Dan sesuai pantauan citra satelit dan radar saat ini memang terdapat awan hujan. Tapi sudah tidak seperti siang tadi,” jelas Cariz.

Gubernur Sulut Serahkan Bantuan

Sementara itu dikutip dari Jurnal Manado, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menginstruksikan kepada seluruh jajaran pemprov sulut untuk membentuk posko siaga bencana di lobi kantor Gubernur Sulut.

Terpantau hingga pukul 01.25 Wita dinihari, posko siaga bencana terus menerima aduan dari masyarakat di sejumlah titik bencana dan langsung ditindaklanjuti dengan bantuan makanan dan minuman di lokasi bencana.

“Hingga saat ini kami terus melakukan koordinasi dengan sumbangan awal yang masuk dari seluruh Perangkat Daerah jajaran Pemprov Sulut sesuai instruksi dari Pak Gubernur Olly. Semua bantuan tersebut langsung disalurkan kepada masyarakat di lokasi bencana,” jelas Sekprov Edwin Silangen, Koordinator Sekretariat Posko Bencana Pemprov Sulut, Karo Umum Clay Dondokambey dan Plt Karo Humas Dan Protokol, Dantje Lantang, sembari menjelaskan bantuan yang disalurkan adalah makanan dus, air mineral, biscuit dan pakaian.

Sejumlah bantuan yang langsung disalurkan dan diterima oleh Lurah Dan Kepala Lingkungan dan masyarakat diantaranya di Kelurahan Tingkulu, Kelurahan Taas, Wanea, Banjer dan lainnya. Sementara yang mengungsi data Kurang lebih 2.525 jiwa, 800 kk.
Adapun data terdampak Banjir Kota Manado, diantaranya:

1. Kec. Tuminting (Sumompo, Sindulang, Karangria)
2. Kec. Singkil (Karame, Ketang Baru, Kombos)
3. Kec. Bunaken Darat (Bailang)
4. Kec. Tikala (Taas, Tikala Baru, Banjer, Dendengan, Paal 4)
5. Kec. Wanea (Bumi Nyiur, Tingkulu, Tanjung Batu, Ranotana, Wanea)
6. Kec. Wenang (Komo)
7. Kec. Mapanget (Kairagi)
8. Kec. Sario (Sario Tumpaan)

Terdampak Longsor di :
1. Kota Manado : Kel. Mahawu, Kel. Taas,
2. Kab. Minahasa : Desa Tateli Weru Kec. Mandolang, Desa Sumarayar Kec. Langowan Timur, Desa Papakelan Kec. Tondano Timur

Korban Meninggal 3 (tiga) orang :
1. Adik Richard Patombone, Umur 5 Tahun, Korban Hanyut terseret arus sungai, alamat Kombos Timur
2. Bayi Natalia Lapian, Korban, Umur 1 Tahun, Korban Tanah Longsor, alamat Kel. Mahawu
3. Bapak Jon Duarmas, Umur 45 Tahun, Korban Longsor, Alamat Kel. Taas, Kel. Dendengan

Bantuan yang sudah disalurkan hingga Pukul 24 : 00 Wita :
1. Makanan Siap Saji : 5380 Kotak
2. Air Mineral : 350 Dos
3. Biskuit : 65 Karton
4. Gula Pasir : 30 Kg
5. Susu : 40 Dos
6. Kopi : 10 Dos
7. Mie Instan : 20 Dos
(editor)

Sumber kompas.com dan jurnalmanado.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here