Banjir dan Longsor Terjang Sejumlah Titik di Siberut

  • Bagikan

Mentawai, harianindonesia.id

Sejumlah titik alami bencana banjir dan longsor di Muara Siberut, Maileppet, Muntei, Madobag (Rogdok) dan Peipei berkisar jam 06.00 WIB, Sabtu (12/08).

Hal ini disebabkan guyuran hujan lebat dari malam hingga siang.

Informasi ini disampaikan langsung Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai saat konfirmasi melalui whatsapp, Sabtu (12/08).

 

Adapun daerah terkena yang dampak, beberapa rumah terendam banjir di Muara Siberut. 1 rumah warga dan 1 unit puskesmas yang mengalami rusak berat di Maileppet, dan berikut jalan utama Maileppet yang tertimbun longsor. 1 unit gereja juga mengalami rusak berat dan rumah warga masyarakat terendam banjir di Muntei. Madobag (Rogdok) juga mengalami banjir yang mengakibatkan rumah warga terendam. Selanjutnya daerah Peipei juga mengalami banjir dan mengakibatkan rumah warga terendam.

 

Mengenai bantuan kebencanaan dari pihak BPBD, Kalaksa Nofriadi mengatakan kalau penanganan darurat sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait.

Sementara itu sampai saat ini didapati tidak ada korban dari banjir dan longsor.

Selanjutnya tidak ada jawaban mengenai kondisi terakhir dari Kalaksa BPBD.

 

Sementara dari pihak Puskesmas Muara Siberut membenarkan adanya kerusakan berat terhadap bangunan Puskesmas.

 

“Pelayanan kesehatan tetap berlanjut di setiap Pustu agar masyarakat tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Pustu sampai saat ini masih kondusif melakukan pelayan bagi masyarakat,” ujar Kepala Puskesmas, dr. Zulia Refeni melalui telpon, Sabtu (12/08).

 

“Semua lintas sektoral disini ikut terjun langsung melakukan penanganan bencana,” imbuh Kapus yang akrab disapa dr. Feni menambahkan keterangannya.

 

“Seperti biasa, kami tetap siap siaga untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkap dr. Feni mengakhiri.(JJ)

SIMAK JUGA :  Pemda Bartim Terus Mendukung Popprov, 2023 Nanti buat Porprov akan Kita Anggarkan
Penulis: JJEditor: Vladimir Amara Husein
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *