Aparat Pemerintah Berperan Aktif Menyukseskan Lanjutan Sensus Penduduk 2020

  • Bagikan

Tamiang Layang, harianindonesia.id – Pada acara sosialisasi Sensus Penduduk (SP) 2020 lanjutan dan pencanangan desa cinta statistik, Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas meminta kepada Perangkat Daerah dan Aparat Pemerintah baik tingkat kecamatan maupun desa dan kelurahan, dapat mendukung SP2020 lanjutan dan program desa cinta statistik tersebut.

Tak hanya itu, beliau juga berharap khususnya aparat pemerintah berperan aktif menyukseskan SP2020 lanjutan dan program desa cinta statistik yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik Bartim itu, Kamis (09/06/2022) pagi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ampera dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bartim, Panahan Moetar, SE, M.Si,

Dikatakannya bahwa pelaksanaan SP2020 Lanjutan tersebut akan memenuhi kebutuhan data terkait parameter demografi serta karakteristik penduduk, dan SP2020 juga untuk menghasilkan indikator SDGs dan RPJMN di bidang kependudukan, ucapnya.

Adapun tujuan pendataan SP2020 Lanjutan ini, yakni memperkirakan jumlah distribusi, komposisi penduduk, memperoleh data untuk penghitungan parameter demografi seperti kelahiran, kematian, dan migrasi, sumber data indikator angka kematian Ibu, memperbarui data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk, menyediakan data karakteristik penduduk dan perumahan serta sumber data dari indikator kependudukan untuk SDGs yang tidak dapat diperoleh dari sumber lainnya.

Lanjutnya, banyak manfaat dari pelaksanaan SP2020 lanjutan itu nanti, dengan demikian Bupati menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk dapat berpartisipasi, dengan cara memberikan respon yang baik dan memberikan jawaban yang benar, jujur apa adanya.

“Kemudian usai membacakan sambutan Bupati, Sekda Bartim Panahan Moetar secara khusus meminta agar desa dan kelurahan di Bartim memiliki data yang valid”.

Menurutnya ketersedian data yang valid ini disepelekan oleh pihak desa maupun kelurahan, seperti profil desa, tiga atau empat tahun datanya tidak diperbaharui. Nah melalui SP2020 ini BPS akan melakukan pembaharuan data dan saya minta aparat desa dan kelurahan mendukung program tersebut, pungkasnya. (Snn).

SIMAK JUGA :  Fantasi Naik Heli dari Hotel Grand Mangku Putra Cilegon, Bally Saputra : Jadi Nilai Tambah bagi Tenant
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *