Miliarder Michael Bloomberg Tantang Donald Trump di Pilpres AS 2020

  • Bagikan

Michael Bloomberg

Washington, Harian Indonesia ID – Miliarder media Michael Bloomberg akan terjun ke dalam bursa pencalonan presiden AS dari Partai Demokrat, Minggu, dengan tujuan mengalahkan sesama warga New York Donald Trump pada pemilu 2020.

Bergabungnya Bloomberg ke dalam persaingan ini mencerminkan keraguannya bahwa siapa saja dari 17 calon dari Partai Demokrat lainnya dapat menggeser presiden dari Partai Republik itu.

“Saya mencalonkan diri sebagai presiden untuk mengalahkan Donald Trump dan membangun kembali Amerika,” kata mantan Republikan berusia 77 tahun itu, melalui pernyataan peluncuran kampanyenya.

“Kami tidak lagi dapat menanggung empat tahun tindakan tidak etis dan sembrono Presiden Trump,” katanya.

Langkah tersebut mewakili tentang Bloomberg, yang mengatakan pada Maret bahwa ia tidak berniat menjadi presiden. Ia akan bersaing dengan mantan presiden Joe Biden dan Wali Kota Pete Buttigieg dari South Bend, Indiana untuk menjadi alternatif moderat bagi Senator AS yang liberal Elizabeth Warren dan Bernie Sanders.

Bloomberg, pendiri sekaligus CEO perusahaan media terkemuka Bloomberg LP dan juga seorang dermawan ternama, memiliki keunggulan finansial dibanding pesaing lainnya di Demokrat. Hal itu terlihat saat ia menghabiskan sedikitnya 31 juta dolar AS dalam iklan di TV yang akan ditayangkan di seluruh negara bagian selama dua pekan ke depan, kata juru kampanye.

Taipan tersebut berhasil menggaet sekutu dalam partai tersebut dengan advokasi dan kedermawanan dalam perubahan iklim dan dalam memerangi kekerasan senjata, menggelontorkan jutaan dolar ke sejumlah kelompok yang mendorong UU senjata yang lebih ketat.

Bloomberg akan menghadapi kerugian yang signifikan karena terlambat memulai, yang berarti ia akan mengejar pesaing yang telah mengumpulkan staf kampanye selama beberapa bulan.

SIMAK JUGA :  Jokowi Kritik Menteri ESDM Soal Kenaikan Harga Pertamax , Jangan Diam Saja Ada Empati Kita

Sumber: Reuters

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *