Abaikan Dewan Kehormatan, Atal Depari Tetap Lantik BB jadi Ketua PWI Sumbar

  • Bagikan

BASRIL Basyar (kiri) sedang berbicara serius dengan Ketua PWI Pusat Atal S Dapari. (Foto : kredit Tribunsumbar)

PADANG (Harianindonesia.id) : Ketua PWI Pusat Atal S Dapari menolak rekomendasi Dewan Kehormatan PWI tentang pemberhentian Basril Basyar sebagai anggota PWI, dan tetap melantiknya sebagai Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat.

“Kita menolak rekomendasi tersebut karena tidak berdasar. Proses pelantikan akan tetap dilaksanakan,” kata Atal S. Dapari, kepada wartawan di Padang, Kamis (12/1).

Atal bersama sejumlah pengurus inti PWI Pusat sudah berada di Padang sejak Kamis, untuk persiapan pelantikan Basril Basyar hari Jumat (13/1/2023) di Hotel Trumtun Padang.

Dewan Kehormatan PWI Pusat seperti diungkapkan Ketuanya Ilham Bintang memecat Basril Basyar sebagai anggota PWI, karena masih berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Dosen di Universitas Andalas Padang.

Kode Etik Jurnalistik memang tidak memperbolehkan ASN menjadi wartawan. Padahal, sejak menjadi ASN di Unand Basril Basyar sudah menjadi wartawan dan sudah menjabat juga sebagai Ketua PWI Sumbar.

Atal menyebutkan bahwa pihaknya menolak rekomendasi pemecatan Basril Basyar oleh Dewan Kehormatan PWI dan tetap akan menjalankan keputusan rapat pengurus lengkap PWI Pusat, tanggal 6 Januari 2023, sekaligus menyatakan, masalah yang terjadi selama ini dinyatakan selesai.

“Kita berharap, sejalan dengan pelantikan ini hendaknya dapat membangun soliditas wartawan di Sumbar,” katanya.

Atal menyebutkan bahwa Ketua Dewan Penasehat PWI Pusat Fahri Muhammad, menyatakan semua proses terkait PWI Sumbar dan Basril Basyar sudah selesai.

“Sudah diputuskan melalui rapat pengurus lengkap PWI Pusat,” katanya seperti dikutip Tribun Sumbar, Kamis.

Pelantikan Pengurus PWI Sumbar, akan dilaksanakan Jumat pagi di Truntum Hotel, Padang.

Pengurus baru dilantik Atal S. Dapari, dihadiri Ketua Dewan Penasehat PWI Pusat Fahri Muhammad, Zulkifli Gani Oto (Ketua Bidang Organisasi), Oktafriadi (Ketua Bid Pembelaan Wartawan PWI Pusat).

SIMAK JUGA :  Visa Habis tapi tak Dideportasi, Rizieq Langgar Aturan di Saudi?

Basril Basyar – Zul Effendi

Sebelumnya pada Konfercab PWI Sumbar, di Padang, Juli 2022 lalu Basril Basyar dan Zul Effendie memenangkan pemilihan Ketua PWI Sumbar dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar Sumbar.

Pada pemilihan PWI Sumbar, Basril Basyar memperoleh suara terbanyak, mengalahkan Heranof Firdaus, Ketua Patahana PWI Sumbar.

Sementara pada pemilihan DK PWI Sumbar, Zul Effendi mengalahkan raihan suara yang diperoleh H.Khudri, Gusfen Khairul, dan Zulnadi. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *