Upaya Peningkatan Mutu, SD Negeri 25 Air Tawar Selatan Lulus Akreditas A

  • Bagikan

Padang, harianindonesia.id

Sekolah Dasar Negeri 25 Air Tawar Selatan, Padang akhirnya naik status akreditasi A setelah melewati evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Keberhasilan status akreditasi ini dapat dicek pada laman situs resmi bansm_kemdikbud.go.id pada nomor urut 2529 dengan nilai akhir 93 dan naik dari akreditasi B menjadi akreditasi A.

 

Hal ini disampaikan Ketua komite sekolah, Jhoni Mardieson saat wawancara dengan awak media harianindonesia.id, Rabu (14/09). Ketua Komite SD Negeri 25 Air Tawar Selatan baru saja menerima kabar baik ini dari Kepala Sekolah.

Pada kesempatan itu, Ketua Komite mengingatkan dan mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya peningkatan akreditasi SD Negeri 25 Air Tawar Selatan, Padang.

 

“Bukan tentang keberhasilannya, tapi bagaimana mempertahankan hasil yang baik dan terus berjuang dalam peningkatannya,” kata Ketua komite mengingatkan.

 

“Selamat dan sukses kepada SD 25 yang telah berupaya meningkatkan mutu sekolah terutama dalam proses pembelajaran,” ujarnya yang langsung berikan apresiasi kepada Kepala Sekolah lewat whatsapp.

 

Penilaian akreditasi ini merupakan pengakuan terhadap suatu lembaga pendidikan oleh badan yang berwenang setelah sekolah atau madrasah dinilai memenuhi syarat dan kriteria tertentu.

 

Bagi peringkat akreditasi A (Unggul), diperuntukkan bagi sekolah/madrasah yang memiliki nilai akhir akreditasi sebesar 91-100, untuk peringkat akreditasi B (Baik), diperuntukkan bagi sekolah/madrasah yang memiliki nilai akhir akreditasi sebesar 81-90, dan peringkat akreditasi C (Cukup baik) diperuntukkan bagi sekolah/madrasah yang memiliki nilai akhir akreditasi sebesar 71-80.

Sedangkan bagi sekolah/madrasah yang memiliki nilai dibawah 71, dinyatakan tidak terakreditasi (TT).

SIMAK JUGA :  Pemerintah Kecamatan dan Desa Jalin MoU dengan Kejaksaan Negeri Barito Timur

 

Sementara itu, Kepala SD 25 Air Tawar Selatan, Zarnita, S.Pd menyampaikan motivasi sekolah dalam peningkatan akreditasi untuk memperbaiki mutu sekolah, agar semua tenaga pendidik beserta staf bekerja secara profesional, menghasilkan peserta didik yang berakhlak mulia dan berprestasi, mendapatkan pengakuan dari BANS/M, serta meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

 

“Kami bersyukur sekolah telah memenuhi prioritas 4 komponen (mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, manajemen sekolah). Alhamdulillah 4 komponen sudah terpenuhi dan lengkap,” papar Zarnita memberikan keterangan.

 

Calon siswa dan wali murid sangat perlu mengetahui informasi akreditasi sekolah/madrasah yang akan dituju.

Mengingat sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) membuat pilihan sekolah semakin terbatas.

Calon siswa harus lebih cermat dan bijak dalam memilih sekolah dengan mempertimbangkan akreditasi sekolah yang dituju.

 

Sebelumnya SD Negeri 25 Air Tawar Selatan dievaluasi untuk penilaian akreditasi dari asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM) selama 2 hari, 25-26 Juli 2022.

Namun pihak sekolah sudah menyiapkan bukti fisik yang akan dievaluasi.(JJ)

Penulis: JJEditor: Vladimir Amara Husein
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *