Peran Kampanye Atikoh Dipuji, Survei IPE, Elektabilitas Ganjar-Mahfud Naik 4,39%,

  • Bagikan

Momen Siti Atikoh Supriyanti Ganjar melakukan Safari Politik di Jawa dan Sumatera. Safari politik ini ternyata berhasil mendongkrak elektabilitas Paslon Ganjar Mahfud. (Foto : TPN)

JAKARTA, Harianindonesia.id – Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti memuji pola berkampanye yang dilakukan Siti Atikoh Supriyanti, istri Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo.

Safari politik yang dilakukan Atikoh ke berbagai daerah di Tanah Air, dinilai berhasil mendongkrak tingkat elektabilitas pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD.

Berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan Indonesia Political Expert (IPE), elektabilitas Ganjar-Mahfud meningkat 4,39%, dibandingkan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar yang hanya 4,10% dan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka 2,82%.

Kampanye turun ke daerah yang dilakukan Atikoh selain menarik minat pemilih, juga memiliki pangsa pasar tersendiri. Demikian juga kampanye yang dilakukan putra semata wayang Capres Ganjar dan Atikoh, Muhammad Zinedine Alam Ganjar yang akrab disapa Alam, yang menyasar kaum Milenial dan Gen-Z.

“Siti Atikoh hampir setiap hari kampanye. Alam juga ada pangsa pasarnya, ada daya tarik dirinya menyasar Gen Z,” ujar Ray di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Ia mengatakan, faktor lain yang mendongkrak keterpilihan pasangan Ganjar-Mahfud adalah cara Ganjar berkampanye yang langsung bertemu masyarakat di lapangan, berdialog, dan menginap di rumah warga.

Hal inilah, ujarnya, yang membedakan cara kampanye Paslon Nomor Urut 3 dibandingkan Paslon Nomor Urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Paslon Nomor Urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

“Anies juga turun ke daerah seperti Ganjar, tapi penerimaan masyarakat berbeda. Semua Paslon memang turun ke lapangan bertemu warga, namun daya pikat berbeda. Gaya Anies dan Ganjar berbeda,” ujar dia.

SIMAK JUGA :  Mahfud MD Makan Seafood Bareng Nelayan Marunda : Mereka Masih Termajinalkan

Sementara itu, hasil survei IPE menyebut elektabilitas Ganjar-Mahfud meningkat sebesar 4,39 %, Anies-Muhaimin 4,10%, dan Prabowo-Gibran 2,82 %. survei dilakukan pada rentang waktu 2-16 Januari 2024 dengan jumlah responden sebanyak 2.400 Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih, terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), berusia 17 tahun, dan telah menikah.

Survei dilakukan di 416 Kabupaten dan 98 Kota menggunakan metode random purposive, dan sampling error 2% dengan tingkat kepercayaan 95%. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *