Luncurkan Platform “Gotong Royong Rakyat”, TPN Ganjar-Mahfud Galang Dana Massal di Pilpres 2024

  • Bagikan

DANA – Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid menyampaikan penjelasan tentang peluncuran flatform digital Gotongroyongrakyat.id untuk menampung donasi rakyat mendukung kampanye Ganjar-Mahfud di Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Foto : media centre TPN)

JAKARTA, HARIANINDONESIA.ID –

Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo – Mahfud MD, melakukan terobosan dengan melibatkan seluruh elemen bangsa membiayai kegiatan kampanye Pilpres 2024 melalui platform “Gotong Royong Rakyat”.

Ketua TPN Ganjar Pranowo-Mahfud, Arsjad Rasjid, mengumumkan inisiatif baru dari TPN Ganjar-Mahfud, yakni penggalangan dana massal melalui platform digital yang diberi nama gotongroyongrakyat.id.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk ikut mengawal Pemilu yang Luber dan Jurdil. Menciptakan kampanye pilpres yang lebih etis, transparan, dan mengusung semangat partisipasi inklusif. Lewat galang dana ini, rakyat ikut bergotong royong dalam memenangkan Mas Ganjar dan Prof Mahfud dalam Pilpres 2024,” kata Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid dalam konferensi pers di Jakarta, pada Rabu (29/11/2023).

Menurut Arsjad, dalam mewujudkan pemilu yang Luber Jurdil (Langsung, Umum, Bersih, Jujur dan Adil) serta mengawal pesta demokrasi, masyarakat perlu terlibat aktif sebagai aktor, bukan hanya objek.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui penggalangan dana massal untuk pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud. Arsjad menegaskan penggalangan dana massal ini seperti slogan Mas Ganjar, yaitu “Tuanku ya Rakyat, Jabatan Hanya Mandat”.

“Kami berkomitmen menjadikan kemenangan Ganjar-Mahfud sebagai Kemenangan Rakyat. Untuk itu, penggalangan dana massal menjadi sarana bagi masyarakat untuk bergotong royong secara nyata dalam memenangkan Ganjar-Mahfud mulai dari Rp 10.000 saja,” jelasnya.

Donasi dari rakyat itu nantinya digunakan untuk mendukung proses demokrasi yang bersih, yang melibatkan masyarakat luas. “Itulah sebabnya, kami menamai gerakan ini sebagai “Gotong Royong Rakyat,” ungkap Arsjad.

Dana dari rakyat yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan kampanye, survei, dan kebutuhan lainnya. “Saat ini, kami juga tengah berinovasi dengan kampanye-kampanye kreatif, mengusung politik yang suka ria,” katanya.

Arsjad mengungkapkan TPN berencana menggalang dana rakyat dalam 2 tahap. Pertama, melalui platform digital gotongroyongrakyat.id yang diluncurkan TPN. Kedua, melalui penjualan produk merchandise resmi Ganjar-Mahfud (official merchandise).

Platform donasi massal gotongroyongrakyat.id bisa diakses seluruh masyarakat Indonesia dengan minimal donasi Rp 10.000 dan maksimal Rp 2,5 miliar untuk donatur perorangan. Sementara itu, perusahaan bisa berpartisipasi mendukung Ganjar-Mahfud dengan maksimal donasi sebesar Rp 25 miliar.

SIMAK JUGA :  6 Tahun Penjara Jika Gunakan NIK Orang Lain Registrasi Kartu Prabayar

“Saat ini, platform gotongroyongrakyat.id baru bisa mengakomodasi donatur perseorangan. Insya Allah minggu ini akan kami rilis fitur baru yang bisa diakses perusahaan yang berencana ikut memberikan dukungan dana,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bendahara TPN Ganjar-Mahfud, Orias Petrus Moedak, menambahkan donatur wajib mematuhi seluruh ketentuan KPU dalam menyampaikan dukungan melalui platform gotongroyongrakyat.id.

TPN memastikan data pribadi para donatur dipastikan aman dan terjaga kerahasiaannya. “Dana yang terkumpul dari rakyat, 100% akan disalurkan langsung ke TPN melalui bank resmi paslon Ganjar-Mahfud,” katanya.

Terkait official merchandise, penggalangan dana masyarakat dilakukan TPN lewat penjualan merchandise resmi paslon Ganjar-Mahfud yang dipasarkan di toko daring. Merchandise yang ditawarkan seperti kemeja, kaos, hijab, vest, serta tas belanja. “Kami akan mengintegrasikan website ini dengan marketplace penjualan merchandise resmi di Tokopedia dan Shopee,” jelasnya.

*Website gotongroyongrakyat.id*

Orias mengatakan website gotongroyongrakyat.id dilengkapi dengan berbagai fitur seperti permohonan data sesuai dengan Peraturan KPU No. 18 Tahun 2023 tentang Dana Kampanye Pemilu; desain yang simple sehingga dapat diakses lewat desktop, HP android, maupun IPhone; dilengkapi dengan berbagai metode pembayaran mulai dari QRIS, e-wallet, virtual account bank.

“Saat ini, TPN sedang melengkapi dengan metode pembayaran kartu kredit,” ujarnya.

Bahkan, masyarakat bisa melihat langsung profil, rekam jejak, serta visi misi paslon Ganjar-Mahfud di website gotongroyongrakyat.id. “Donatur juga bisa menyampaikan testimoni berupa dukungan maupun harapan kepada Paslon Ganjar-Mahfud dari mana pun dan kapan pun melalui platform digital ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Orias mengatakan masyarakat yang ingin berpartisipasi memberikan dana dukungan untuk Ganjar-Mahfud bisa mengunjungi FAQ Page atau email [email protected] jika menemui kendala. Informasi yang disampaikan dalam FAQ Page diharapkan dapat membantu donatur dalam mengatasi keluhannya.

“Kami mengundang segenap rakyat Indonesia untuk menyampaikan dukungan lewat gotong royong bareng-bareng memenangkan Mas Ganjar dan Prof Mahfud. Nggak harus besar, teman-teman bisa berdonasi sesuai kemampuan. Yang terpenting, mari kita satukan tekad bergotong royong “Gerak Cepat, Gercep Indonesia Raya,” tutup Orias. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *