Beranda INDONESIA Kapolres Tomohon Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

Kapolres Tomohon Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

TOMOHON, harianindonesia.id – Dalam rangka pengamanan pemungutan dan perhitungan suara Pilpres serta Pileg tahun 2019 dalam Wilayah Hukum Polres Tomohon yang meliputi seluruh Kecamatan di Kota Tomohon maupun sejumlah kecamatan yang berada di Wilayah Kabupaten Minahasa yakni Kecamatan Sonder, Kecamatan Tombariri, Kecamatan Tombariri Timur, Sulawesi Utara, Senin (15/4/2019) bertempat di halaman Mapolres, Polres Tomohon melaksanakan apel kesiapan pergeseran personil menuju TPS di kelurahan dan desa.

Pada apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Raswin B Sirait S.ik, SH, M.Si tersebut, dihadiri pula oleh Wakapolres Joyce MI Wowor, para Kabag, Kasat, Seluruh Kapolsek jajaran, serta sejumlah Perwira di lingkup Polres Tomohon.

Dalam arahannya AKBP Raswin B Sirait, menyampaikan bahwa guna memaksimalkan tugas yang diemban dalam pengamanan mulai dari tahap pemungutan suara sampai penghitungan harus merangkul dan bekerjasama dengan semua elemen sekaligus mengajak masyarakat untuk saling bersinergi demi terlaksananya pesta demokrasi ini secara aman, damai dan lancar.

Selain itu juga kapolres meminta kepada anggota, agar dapat meyakinkan masyarakat yakni TNI – Polri siap menjamin keamanan Pemilu 2019.

Mengakhiri arahannya, Kapolres menekankan beberapa hal kepada segenap personil yaitu: 1.menyiapkan fisik dan mental dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin yang tinggi sehingga dapat menampilkan jati diri TNI – Polri, serta bersikap netral pada pelaksanaan pemilu. 2.Pedomani aturan perundang-undangannya, maupun SOP pengamanan di TPS. 3.Sesampainya di Polsek jajaran, agar segera melakukan koordinasi dengan Kapolsek untuk mengetahui benar-benar situasi dan kondisi di masing-masing TPS yang menjadi tanggungjawab personil pengamanan. 3.Saat tiba di TPS, segera koordinasi dengan KPPS dan ketahui benar perangkat petugas TPS serta mengamankan dan mengawal surat suara di TPS. 5.Memberikan pengawalan kotak suara maupun surat suara yang sudah direkap di TPS, dan memastikan logistik pemilu tersebut aman sampai di PPK yang selanjutnya dilakukan pengamanan oleh personil Polres atau Polsek setempat. 6.Hindari pelanggaran ataupun penyimpangan oleh personil TNI – Polri. 7.Memaksimalkan penggunaan Handy Talky (HT) atau Handphone (HP), guna membantu kecepatan informasi kepada pimpinan, perwira, maupun Kapolsek terdekat bila ada hal yang terindikasi menjadi gejolak.

Dari informasi yang berhasil dihimpun media ini disebutkan sebanyak 134 personil Polres akan menempati 429 TPS yang ada di Kota Tomohon maupun tiga kecamatan di Wilayah Kabupaten Minahasa yakni Kecamatan Tombariri, Tombariri Timur dan Kecamatan Sonder, dengan segala persiapan baik personil maupun kendaraan yang akan digunakan untuk mengoptimalkan tugas dilapangan. (Handry/Sev)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here